Tidak boleh berpuas diri, terus belajar dan berkarya. Jangan sampai ruang media justru dikuasai oleh mereka yang tidak memiliki kapasitas untuk menyampaikan pesan-pesan agama. Dan tetap jaga idealisme sebagai agent of social control
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Agama memberikan apresiasi kepada Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) karena menjadi ujung tombak sumber informasi bagi mahasiswa.
 
"Lembaga Pers Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam sebagai ujung tombak sumber informasi bagi mahasiswa perlu diberikan apresiasi," kata Direktur PTKI Kemenag Ahmad Zainul Hamdi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.
 
Dia menjelaskan, apresiasi tersebut diwujudkan melalui ajang LPM PTKI Challenge yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.
 
LPM PTKI Challenge merupakan salah satu bentuk apresiasi Kemenag kepada media Pers Mahasiswa dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas LPM PTKI.
 
Para pemenang LPM PTKI Challenge diberikan hadiah total sejumlah 150 juta rupiah bagi LPM terpilih untuk meningkatkan dan memotivasi konten informasi.
 
Zainul Hamdi berharap LPM PTKI terus meningkatkan kapasitas serta berperan aktif menyampaikan narasi dan konten keagamaan yang moderat, sekaligus menjadi kontrol sosial bagi kehidupan kampus.
 
"Tidak boleh berpuas diri, terus belajar dan berkarya. Jangan sampai ruang media justru dikuasai oleh mereka yang tidak memiliki kapasitas untuk menyampaikan pesan-pesan agama. Dan tetap jaga idealisme sebagai agent of social control," katanya.
 
LPM PTKI Challenge berlangsung dari tanggal 11 November-5 Desember 2023 dengan enam kategori yang dilombakan, yaitu kolom/opini, feature, foto, video pendek, website, dan media sosial terbaik.
 
Seleksi dan penjurian diselenggarakan selama tiga hari, 6-8 Desember 2023. Terdapat 12 juri pakar yang terlibat dalam penjurian, masing-masing kategori dipilih 10 besar dan 5 besar tergantung jumlah peserta pada masing-masing kategori lomba.
 
Berikut daftar pemenang LPM PTKI Challenge 2023,
 
Kategori Kolom/Opini
 
Juara I LPM Mahasiswa IAIN Manado
 
Juara II LPM Locus UIN Surakarta
 
Juara III LPM Makhdum Ibrahim IAINU Kebumen
 
Kategori Feature
 
Juara I LPM STAI Babussalam Maluku Utara
 
Juara II LPM Dinamika UIN Sumatera Utara
 
Juara III LPM Al Itqan UIN Bukittinggi
 
Kategori Foto
 
Juara I Pers Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung
 
Juara II LPM Locus UIN Surakarta
 
Juara III LPM IAI Ibrahimy Genteng Banyuwangi
 
Kategori Video Pendek
 
Juara I LPM Al Mizan UIN Pekalongan
 
Juara II HMPS KPI IAIN Ternate
 
Juara III LPM Solidaritas UIN Surabaya
 
Kategori Website
 
Juara I LPM Institut UIN Jakarta
 
Juara II LPM Fatsoen IAIN Cirebon
 
Juara III SKM Amanat UIN Semarang
 
Kategori Sosial Media
 
Juara I LPM Washilah UIN Makassar
 
Juara II LPM SIGMA UIN Banten
 
Juara III LPM Institut UIN Jakarta.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023