Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) pertama meraih akreditasi Perguruan Tinggi dengan predikat Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Alhamdulillah, UIN Ar-Raniry Banda Aceh menjadi PTKI pertama yang meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT dengan standar kriteria 9," kata Rektor UIN Ar Raniry, Prof Mujiburrahman di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan predikat akreditasi Unggul dari BAN-PT berlaku sejak tanggal 24 Oktober 2023 hingga 24 Oktober 2028.

Baca juga: UIN Ar-Raniry Banda Aceh tambah dua guru besar

Menurut dia, capaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras, kerja sama, dan dedikasi seluruh elemen sivitas akademika yang terus menguatkan komitmennya untuk mengembangkan kampus ini dalam sinergi, kolaborasi dan inovasi.

“Kita sangat bersyukur atas prestasi yang diraih UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini. Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan pemangku kepentingan, pemerintah, rekanan industri, orang tua, dan masyarakat yang telah mendukung hingga UIN Ar-Raniry Banda Aceh terus mengukir prestasi,” katanya.

Ia mengatakan prestasi tersebut bukan hanya milik UIN Ar-Raniry Banda Aceh, tapi merupakan kebanggaan kolektif bagi masyarakat Aceh, dimana keberhasilan UIN Ar-Raniry meraih akreditasi Unggul merupakan bagian untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan akademik.

"Semua ikhtiar dan jihad akademik tersebut dilakukan tidak lain untuk mencapai kualitas akademik terbaik dan peringkat universitas yang unggul di usia yang tua ini, dimana UIN Ar-Raniry pada milad 5 Oktober 2023 genap berusia 60 tahun," kata Prof Mujib.

Baca juga: Menag angkat lima guru besar di UIN Ar-Raniry

Baca juga: UIN Ar-Raniry Aceh terima bantuan renovasi masjid Rp2 miliar dari BSI


Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf menyampaikan bahwa berdasarkan data yang dirilis Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) UIN Ar-Raniry Banda Aceh mendapat nilai 373 dengan predikat Unggul.

Menurut dia, Akreditasi Perguruan Tinggi menjadi ukuran mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh UIN Ar Raniry dan menjadi tolok ukur bagi lembaga ataupun industri penyerap lulusan UIN Ar Raniry, untuk memastikan bahwa lulusan tersebut berkualitas, karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang dijalankan dengan baik.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023