Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengirimkan sebanyak 795 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) berbasis Qurani yang merupakan pendukung program Pemerintah Kabupaten Bener Meriah.

“Kehadiran mahasiswa KPM tersebut merupakan wujud komitmen dan dukungan penuh UIN Ar Raniry kepada Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, terutama dalam menjalankan program Gampong Qurani,” kata Rektor UIN Ar-Raniry Prof Mujiburrahman di Bener Meriah, Selasa.

Baca juga: UIN  Ar-Raniry-Bener Meriah kolaborasi pengembangan gampong Qurani

Di sela-sela penyerahan mahasiswa KPM yang diterima langsung Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah Haili Yoga, ia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah konkret yang diambil UIN Ar Raniry dengan mengirim sejumlah mahasiswa hafiz dalam peserta KPM tersebut.

Ia menyebutkan dari 795 mahasiswa yang melaksanakan pengabdian di Kabupaten Bener Meriah, beberapa di antaranya adalah hafiz Quran dan qari.

“Kami berharap para hafiz dan qari dari UIN Ar Raniry dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan Gampong Qurani,” katanya.

Baca juga: Dosen UIN AR-Raniry dilatih menulis buku moderasi beragama

Mujiburrahman mengapresiasi program kerja pemerintah kabupaten setempat dalam meningkatkan literasi dan kegemaran membaca Al Quran melalui Program Gampong Qurani bagi masyarakat.

Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga menyambut baik komitmen kerja sama pengembangan Gampong Qurani dan berharap kehadiran mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran.

Baca juga: UIN Ar-Raniry bekali 400 mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah

“Kolaborasi ini sangat penting untuk memotivasi masyarakat dalam membaca Al Quran, terutama pada bulan Ramadhan. Kerja sama ini langkah yang tepat dalam membentuk Gampong Qurani di Kabupaten Bener Meriah,” kata Haili Yoga.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024