Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mewisuda sebanyak 1.635 lulusan dari jenjang sarjana, magister, dan doktoral sehingga total lulusan dari perguruan tinggi itu mencapai 57.025 orang.

“Kami berpesan kepada seluruh lulusan untuk tetap menjunjung tinggi moralitas yang sejalan dengan prestasi akademik,” kata Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Mujiburrahman dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Gelombang I Tahun Akademik 2023/2024 yang dipusatkan di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Baca juga: UIN Ar-Raniry Banda Aceh tambah lima guru besar

Ia menjelaskan lulusan UIN Ar Raniry harus terus menjaga integritas, keimanan, serta mengamalkan ilmu dengan penuh keikhlasan dan istikamah.

"Biasakan jiwa dan raga anda terhubung dengan Allah, jangan tinggalkan shalat, penuhilah shaf-shaf masjid ketika azan berkumandang. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa anda adalah alumni yang mampu tampil di masyarakat baik dalam lingkup keagamaan, sosial budaya, politik, bisnis dan kewirausahaan, dan sebagainya," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut ia juga berpesan kepada seluruh lulusan agar dapat melanjutkan studi dalam menghadapi dinamika sosial dan pasar kerja yang terus berkembang.

Baca juga: UIN Ar Raniry kukuhkan 200 guru profesional PPG

"Anda patut bersyukur kepada Allah SWT karena ijazah yang anda terima pada prosesi wisuda hari ini telah tertera akreditasi institusi unggul yang telah kita raih pada usia ke-60 tahun institusi," kata Mujiburrahman.

Ia berharap pencapaian akreditasi institusi perguruan tinggi dengan predikat unggul serta beragam program studi yang unggul menjadi modal berharga bagi alumni dalam meraih kesempatan di berbagai bidang pekerjaan sesuai dengan keahlian masing-masing.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf menyebutkan sebanyak1.635 wisudawan tersebut terdiri atas 581 laki-laki dan 1.054 perempuan.

Baca juga: UIN Ar-Raniry latih kepemimpinan mahasiswa tingkat nasional

Adapun prestasi yang diraih terdiri atas 94 lulusan meraih predikat cumlaude, 759 lulusan dengan pujian, 760 lulusan berpredikat sangat baik, dan 22 lulusan meraih predikat baik.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024