Kami berharap peningkatan minat ini berlanjut melalui jalur pendaftaran lainnya, termasuk UTBK-SNBT dan UM-PTKIN, serta jalur mandiri.
Banda Aceh (ANTARA) - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar Raniry Banda Aceh Prof. Dr Muhammad Yasir Yusuf menyatakan minat lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan studi di kampus tersebut naik drastis yakni dari 2.015 menjadi 8.604 pendaftar atau naik 300 persen.

“Tingginya minat lulusan SMA/sederajat melanjutkan studi di UIN Ar Raniry tidak terlepas dari akreditasi unggul yang dicapai kampus ini dan berbagai upaya berkelanjutan dalam meningkatkan fasilitas dan layanan akademik,” katanya di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan peningkatan pendaftaran yang naik drastis tersebut terjadi pada jalur penerimaan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) tahun 2024.

Adapun jumlah kuota yang tersedia melalui jalur SPAN PTKIN pada tahun akademik 2024 yakni sebanyak 1.992 orang yang tersebar di 28 program studi.

Baca juga: Sebanyak 717 siswa lolos SNBP di UIN Ar-Raniry

Baca juga: UIN Ar-Raniry hadirkan aktivis perempuan asal Palestina


Ia menambahkan berdasarkan data, UIN Ar-Raniry menduduki posisi kedua se-Sumatera dan ke-11 secara nasional di antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia.

“Alhamdulillah, kita bersyukur jumlah peminat yang ingin menjadi mahasiswa UIN Ar-Raniry melalui jalur SPAN-PTKIN tahun 2024 ini meningkat 300 persen dari tahun sebelumnya,” katanya.

Ketua Admisi UIN Ar-Raniry Muammar Yulian menambahkan peningkatan animo calon mahasiswa tidak terlepas dari pencapaian UIN Ar-Raniry yang telah terakreditasi unggul, serta upaya berkelanjutan dalam meningkatkan fasilitas dan layanan akademik yang dilakukan oleh pimpinan UIN Ar-Raniry.

“Kami berharap peningkatan minat ini berlanjut melalui jalur pendaftaran lainnya, termasuk UTBK-SNBT dan UM-PTKIN, serta jalur mandiri,” katanya.*

Baca juga: UIN Banda Aceh latih mahasiswa jadi imam shalat

Baca juga: UIN Ar-Raniry kirim 795 mahasiswa dukung program Pemkab Bener Meriah


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024