Pelatihan ini bertujuan mengasah karakter qurani dan dinamisme mahasiswa UIN Ar-Raniry dan meningkatkan partisipasi aktif mereka dalam pembinaan umat
Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melatih 30 mahasiswa di kampus tersebut untuk menjadi imam dalam upaya melahirkan generasi yang kompeten dalam bidang keagamaan, khususnya dalam peran sebagai imam shalat.

“Pelatihan ini bertujuan mengasah karakter qurani dan dinamisme mahasiswa UIN Ar-Raniry dan meningkatkan partisipasi aktif mereka dalam pembinaan umat,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof Dr Muhammad Yasir Yusuf di Banda Aceh, Selasa.

Di sela-sela membuka pelatihan bertajuk "Ar-Raniry Season 1 Chapter Ramadhan", ia menjelaskan kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kualitas huffazh (penghafal Al Quran) UIN Ar-Raniry dan menghasilkan generasi penghafal Al Quran baru dari kampus tersebut.

Pihaknya berharap dengan pelatihan tersebut nantinya para peserta dapat berkontribusi langsung di tengah masyarakat, terutama menjadi imam shalat di mushala atau meunasah yang ada di lingkungan masing-masing.

Baca juga: Rektor: Mahasiswa tak cukup hanya berprestasi tapi harus berkarakter

Panitia Pelaksana Mauliza Akbar mengatakan pelatihan imam shalat tersebut didasari dari tujuan kampus untuk mencetak generasi qurani yang mampu menjadi rujukan dalam urusan keagamaan.

Ia mengatakan dalam pelatihan tersebut peserta akan mendapat pembinaan secara intensif yang mencakup berbagai aspek, antara lain kualitas tilawah Al Quran, pemberian ijazah sanad Al Fatihah, pendalaman fiqih ibadah, serta penanaman nilai moderasi dalam beragama, dan penguatan mental serta kemampuan berkomunikasi.

Adapun untuk materi pelatihan mencakup Tahsinul Qiraat, Fiqh Imam, dan shalat berjamaah, kepemimpinan islam, dan muhadharah (keterampilan berbicara di publik) yang bertujuan mempersiapkan peserta untuk melayani masyarakat secara lebih luas pasca-pelatihan.

Kepala Pusat Kerohanian dan Moderasi Beragama UIN Ar-Raniry, Saifuddin Rasyid menambahkan imam yang terlatih dari program tersebut akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan dan aktivitas masjid UIN Ar-Raniry dan masjid di sekitar kampus.

Baca juga: Jelang adzan, Rektor UIN Ar-Raniry instruksikan dosen hentikan kuliah
Baca juga: UIN Ar-Raniry Banda Aceh tambah lima guru besar


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024