Kementerian Agama berkomitmen untuk terus melakukan berbagai program kaderisasi dengan melaksanakan berbagai pelatihan kepemimpinan, baik tingkat dasar, menengah dan lanjut
Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Menengah (LKMM) tingkat nasional dalam upaya membangun karakter kepemimpinan yang Islami.

“Kementerian Agama berkomitmen untuk terus melakukan berbagai program kaderisasi dengan melaksanakan berbagai pelatihan kepemimpinan, baik tingkat dasar, menengah dan lanjut,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama UIN Ar-Raniry Prof Dr Saifullah Idris di Aceh Besar, Jumat.

Ia menjelaskan kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa merupakan bagian untuk mempersiapkan kader yang akan memimpin di masa mendatang, terutama pada organisasi-organisasi kemahasiswaan, dan selanjutnya sebagian dari mereka juga akan menjadi pemimpin.

Ia mengatakan mahasiswa sebagai agen perubahan harus memahami dengan baik tentang wawasan kebangsaan dan mampu memahami dalam merumuskan persoalan-persoalan yang terjadi, serta mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat, terutama pada lembaga atau organisasi yang dipimpinnya saat ini di lingkungan kampus.

Kepala Biro AAKK UIN Ar-Raniry Mirwan Fasta mengatakan, dalam pelatihan tersebut pihaknya menghadirkan para narasumber yang memiliki kapasitas di bidangnya guna memberikan berbagai materi kepada penerus kepemimpinan masa depan tersebut.

Ia meyakini bahwa mahasiswa merupakan dunia yang minus kepentingan pribadi dan kelompok, dan mereka tidak tergadaikan dengan kepentingan kelompok tertentu.

Ketua panitia, Dr Sabirin MSi menambahkan, kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa tersebut diikuti oleh 70 peserta baik dari kampus yang ada di Aceh dan luar Aceh.

Adapun peserta yang ikut hadir dari kegiatan nasional tersebut di antaranya UIN Ar-Raniry, STAIN Teungku Dirundeng, UIN Sumatera Utara, UIN Jambi, serta dari beberapa kampus lainnya.

Beberapa materi yang diberikan sebagai bekal kepada peserta dalam beberapa hari tersebut yakni arah pengembangan PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), Syariat Islam dan orientasi kepemimpinan, kepemimpinan dan lingkungan sosial, pembinaan karakter mahasiswa sebagai agen of change, isu-isu global, isu gender, dan keorganisasian serta materi moderasi beragama.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023