Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan sebanyak 2.162 wisudawan dan 33 orang di antaranya merupakan mahasiswa asing asal Malaysia.
 
 
"Alhamdulillah UIN Ar-Raniry telah meluluskan sarjana strata satu, Magister dan 30 lulusan doktor serta mahasiswa asing yang melanjutkan studi di kampus ini," kata Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.
Dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Gelombang III Tahun Akademik 2022/2023, ia juga berpesan kepada para alumni agar senantiasa menjaga dan mengharumkan nama baik almamater, serta berkiprah sebagai duta dan mitra untuk kemajuan universitas di masa mendatang.
 
"Selalu ke depankan etika Islami dalam kehidupan sosial kemasyarakatan serta harus mampu menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki kemampuan intelektual yang diimbangi dengan akhlak yang baik sebagai kunci kesuksesan masa depan," katanya.
 
Menurut dia akhlak merupakan pilar utama bagi mahasiswa, ketika akhlak runtuh maka tidak ada makna prestasi akademik yang tinggi.
 
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr Muhammad Yasir Yusuf MA dalam laporannya menyebutkan lulusan sebanyak 2.162 orang terdiri dari 805 orang laki-laki dan 1.357 orang perempuan.
 
Ia menyebutkan dengan bertambahnya 2015 lulusan sarjana strata satu, 117 lulusan Magister dan 30 lulusan Doktor, maka jumlah alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh sampai saat ini berjumlah 55.390 lulusan.
 
Pimpinan UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga memberikan penghargaan kepada 11 orang lulusan terbaik dari masing-masing fakultas dan pascasarjana.
 
Dalam kesempatan tersebut Anggota DPR RI Asal Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal menyampaikan orasi ilmiah dengan tema “Peta Akhlak Pendidikan Kita".

Baca juga: UIN Ar-Raniry-UNDIRA jalin kerja sama kaji ketahanan ekonomi

Baca juga: Rektor: Mahasiswa tak cukup hanya berprestasi tapi harus berkarakter

Baca juga: UIN AR-Raniry dapat jatah 600 beasiswa KIP Kuliah 2023
 
 
 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023