"Kartu BPJS diserahkan langsung kepada penerima kartu terdiri dari 45 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 9 Kepala Sekretariat PPK, dan 369 Panitia Pemungutan Suara (PPS),"
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat memberikan jaminan kesehatan kepada 423 Panitia Pemilihan se-Kabupaten Kubu Raya dengan menyertakan mereka pada program BPJS Ketenagakerjaan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

"Kartu BPJS diserahkan langsung kepada penerima kartu terdiri dari 45 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 9 Kepala Sekretariat PPK, dan 369 Panitia Pemungutan Suara (PPS)," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Jumat.

Bupati Muda Mahendrawan mengatakan Kartu BPJS Ketenagakerjaan diberikan sebagai bentuk tanggung jawab dan kewajiban dari pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat khususnya para pekerja rentan.

Menurutnya, pemberian jaminan sosial ketenagakerjaan dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan tugas-tugas dari panitia pemilihan.

"Kartu BPJS ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada semuanya. Begitu juga di Pemilu ini, seluruh petugas KPPS dan PPS akan dijamin dengan BPJS Ketenagakerjaan oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya," tuturnya.

Muda mengatakan, melihat dari pengalaman pemilihan umum sebelumnya, kata Muda, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengambil langkah antisipasi.

"Mungkin nasib kurang bagus, pas lagi tugas kelelahan dan terjadi hal yang tidak inginkan. Tapi tentu saja kita tidak mengharapkan itu terjadi," katanya.

Dia juga menuturkan pemerintah kabupaten memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan agar para petugas merasa aman dan nyaman.

"Mudah-mudahan, kita doakan, ini hanya program. Diberikan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023