Hari ini kami menerima penghargaan status mandiri karena rata-rata status desa atau permukiman transmigran sejak tahun 1999 sudah sangat berkembang, antara lain wilayah Rasau Jaya, Batu Ampar, dan Sungai Raya yang sudah menjadi kota hubungan dagang
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat menerima penghargaan Kabupaten dengan Indeks Pembangunan Transmigrasi Status Mandiri dari Kementerian Pembangunan Perdesaan, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

“Hari ini kami menerima penghargaan status mandiri karena rata-rata status desa atau permukiman transmigran sejak tahun 1999 sudah sangat berkembang, antara lain wilayah Rasau Jaya, Batu Ampar, dan Sungai Raya yang sudah menjadi kota hubungan dagang,” kata Bupati Kubu Raya. , Muda Mahendrawan dihubungi via telepon, Selasa.

Muda mengatakan, pencapaian tersebut tidak lepas dari perkembangan desa transmigrasi di Kubu Raya yang menggerakkan perekonomian di daerah tersebut.

Menurutnya, persepsi desa transmigrasi yang selama ini ada di masyarakat harus dihilangkan. Hal ini karena keberadaan desa transmigrasi merupakan salah satu indikator perkembangan wilayah setempat.

“Kami melihat bahwa persepsi tentang transmigrasi harus tepat. Jadi, tidak boleh ada yang melihat secara berbeda, tetapi transmigrasilah yang mendorong daerah untuk berkembang dengan baik. Buktinya sudah banyak kita lihat di berbagai daerah di Indonesia bahkan bisa menjadi Kabupaten. sendiri," kata Young

Selain itu, ia juga mengatakan desa transmigrasi berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Kubu Raya sebesar 5,48 persen melalui pemberdayaan masyarakat.

“Kehadiran desa transmigrasi ini memberdayakan dan mendorong masyarakat untuk produktif. Seperti yang kami rasakan secara aspekholtikultura yang mulai berkembang meskipun lahannya sebagian besar berupa gambut yang sulit untuk ditanami. Hal inilah yang meningkatkan pemerataan ekonomi di Kubu Raya,” ujarnya.

Sedangkan salah satu desa di Kubu Raya yaitu Desa Rasau Jaya merupakan desa transmigrasi tertua di Kalbar sejak tahun 1971 yang mengalami kemajuan pesat.

Baca juga: PDTT Kemenkes memaksimalkan keberadaan KTM Rasau Jaya

Baca juga: Revitalisasi UGM kawasan transmigrasi Rasau Jaya

Baca juga: Pandeglang mengirimkan transmigran ke Kalbar dan Maluku

Baca juga: Kubu Raya siap menjadi percontohan penerapan Dana Desa nontunai

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023