Kami mengimbau destinasi wisata untuk menjaga keselamatan dan keamanan para pengunjung
Medan (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Medan, Sumatera Utara, mengimbau semua pemilik dan pengelola objek wisata di wilayah itu memperketat pengawasan selama masa libur akhir tahun Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami mengimbau destinasi wisata untuk menjaga keselamatan dan keamanan para pengunjung," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Yuda Setiawan di Medan, Jumat.

Yuda menegaskan, pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut kepada para pemilik dan pengelola destinasi wisata dalam pertemuan menjelang periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menurut dia, peningkatan kunjungan masyarakat ke objek wisata wajib menjadi perhatian serius semua pengelola destinasi wisata.

Apalagi Medan juga memiliki objek wisata terkait alam seperti Kebun Binatang Medan, Danau Siombak dan penangkaran buaya Asam Kumbang.

Baca juga: Dinas Pariwisata Medan apresiasi Kemenparekraf dukung wisata medis

Baca juga: Menparekraf imbau pemerintah daerah gencarkan promosi wisata kesehatan


"Kami meminta pemilik untuk tidak melupakan kewajiban terhadap keselamatan semua pengunjung," tutur Yuda.

Sementara untuk masyarakat, Yuda mengingatkan agar menjaga keselamatan, keamanan dan kesehatan diri sendiri serta kerabat atau keluarga mereka di lokasi wisata.

Dia mengajak warga tidak tenggelam dalam euforia liburan yang terkadang melenakan.

"Tolong sama-sama menjaga keselamatan di daerah wisata," kata Yuda.

Bagi masyarakat Medan yang melancong ke luar kota, Yuda berpesan supaya tetap menomorsatukan kehati-hatian dan kewaspadaan.

Curah hujan yang tinggi di wilayah Sumatera Utara membuat beberapa tempat rawan bencana seperti banjir dan longsor. "Masyarakat mesti mengetahui kondisi daerah yang dituju," ujar Yuda.

Baca juga: Brida Kota Medan yakini wisata medis di Medan dapat berjalan baik

Baca juga: Disbudparekraf Sumut minta Wisata Medis Medan perhatikan harga-layanan

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023