Tahun ini kita meluncurkan program Visit Beautiful West Sumatera 2023 untuk mendongkrak sektor pariwisata yang sempat redup karena pandemi COVID-19. Penghargaan ini menjadi salah satu indikasi bahwa usaha kita membuahkan hasil positif
Padang (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berhasil meraih peringkat I kategori Provinsi Terbaik untuk Kawasan Sumatera dalam Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) dan Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2023 yang digelar di Jakarta, Jumat (15/12) malam.
 
 
Provinsi Sumatera Barat menjadi yang terbaik dalam ajang tersebut di atas Provinsi Kepri di peringkat II dan Lampung di peringkat III.
 
 
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy dihubungi dari Padang, Sabtu menyebut prestasi yang berhasil diraih itu merupakan bukti keseriusan semua pihak di provinsi itu untuk mengembangkan sektor pariwisata.
 
 
"Tahun ini kita meluncurkan program Visit Beautiful West Sumatera 2023 untuk mendongkrak sektor pariwisata yang sempat redup karena pandemi COVID-19. Penghargaan ini menjadi salah satu indikasi bahwa usaha kita membuahkan hasil positif," katanya.
 
 
Ia mengatakan kebangkitan pariwisata Sumbar bukan hanya hasil kerja keras Pemprov Sumbar. Semua pihak memberikan dukungan luar biasa. Kabupaten dan kota, pelaku usaha pariwisata, akademisi dan masyarakat saling dukung sehingga pariwisata kembali menjadi salah satu penggerak perekonomian daerah.
 
 
Selain Provinsi Sumbar, untuk tingkat kabupaten/kota terbaik BBWI 2023, Kota Pariaman juga meraih peringkat III setelah Banyuwangi serta Gunung Kidul pada peringkat I dan II.
 
 
Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) dan Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2023 merupakan kerja sama dari LPS, Kemenko Marves, Kemenparekraf, Kemendagri, Bank Indonesia (BI) serta BRI, Pegadaian, dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).
 
 
Ajang anugerah tersebut diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh pemerintah daerah dan stakeholders yang telah mendukung implementasi program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang merupakan program turunan dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).
 
 
Hadirnya program tersebut diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran dan kecintaan masyarakat Indonesia untuk melakukan aktivitas berwisata di dalam negeri.
 
 
ABBWI 2023 menganugerahkan sejumlah penghargaan dalam lima kategori yaitu Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Kawasan, Provinsi dengan Destinasi Pariwisata Berkualitas Terbaik, Provinsi dengan Implementasi Strategi Kebijakan Pemda Terbaik, Kabupaten/Kota Terbaik, Industri Pendukung BBWI Terbaik yang spesial dipersembahkan oleh LPS, serta Juara Umum Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Nasional.
 
 
Sementara untuk Anugerah BBI yang diikuti 10 provinsi, pemenang diraih oleh Provinsi Riau. Provinsi itu yang menjadi pemenang di kategori Fesyen dan Kuliner dengan perolehan suara lebih dari 50 persen pilihan masyarakat Indonesia yang memilih di www.anugerahbanggabuatanindonesia.co.id.

Baca juga: Tanah Datar kembangkan wisata minat khusus manfaatkan bentang alam

Baca juga: Anggota DPD sebut Bandara Mentawai jadi gerbang wisman ke Sumbar

Baca juga: Tiga Desa Wisata Sumbar raih bantuan dana dari Kemenparekraf

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023