Jakarta (ANTARA) -
Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memberi penghargaan bagi mitra perbankan yang menjadi Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) atas pelayanan dan kemitraan perhajian.
 
"Penghargaan ini diberikan kepada mitra BPKH yang bergerak di bidang keuangan syariah, agar terus memperkuat jaringan dan investasi yang berkelanjutan," ujar Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
 
Penghargaan itu diberikan saat gelaran Annual Meeting & Banking Award 2023 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel.
 
Mengusung tema "Kemitraan Lebih Kuat, Kebersamaan Lebih Kuat dalam Keuangan Haji", BPKH secara khusus memberikan penghargaan kepada mitra bank syariah yang memiliki program Sustainability Finance Terbaik tahun 2023.
 
Program tersebut mencakup komponen penilaian terhadap Environmental, Social & Corporate Governance (ESG) yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi, dan bisnis yang berkelanjutan.
 
"Kami berharap ke depan bank syariah juga turut serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan," kata dia.

Baca juga: Presiden Jokowi minta BPKH hati-hati kelola dana haji Rp165 triliun

Baca juga: BPKH ajak anak muda mulai menabung haji sejak dini
 
BPKH Sustainable Banking Award 2023 diberikan kepada 30 Bank Syariah mitra BPKH yakni BPS BPIH (Bank Syariah) Penghimpunan Pendaftar Haji  Terbaik 2023, BPS BPIH (Bank Syariah) Pendaftar Haji Millenial Terbaik 2023.
 
BPS BPIH (Bank Syariah) Pertumbuhan Pendaftar Haji Terbaik 2023, BPS BPIH (Bank Syariah) Mitra Penempatan Terbaik 2023, BPS BPIH Fungsi Investasi Terbaik 2023, dan BPS BPIH (Bank Syariah) Program Sustainable Finance Terbaik 2023.
 
Annual Meeting 2023 menjadi puncak dari peringatan milad ke-6 BPKH. Selama sepekan terakhir BPKH telah menggelar rangkaian kegiatan seperti Hajj Expo yang menghadirkan booth bank syariah, travel umrah dan muslim fashion, serta seminar.
 
Harry menegaskan acara ini tidak sekadar pemberian penghargaan saja, tapi juga berbagi pengetahuan kepada seluruh mitra strategis.
 
Karena selain mengelola dana haji, BPKH juga ingin memperkuat perbankan syariah untuk berkontribusi mendorong perekonomian Indonesia.
 
"Harapan kita mudah-mudahan ke depan Indonesia akan menjadi kiblat bisnis syariah di dunia. Kita harus bersiap untuk memberikan yang terbaik dari bisnis syariah melalui implementasi program sustainable finance," kata Harry.

Baca juga: BPKH nyatakan komitmen lebih transparan dan bebas dari korupsi

Baca juga: BPKH siapkan Rp8,2 triliun untuk penyelenggaraan haji 2024

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023