Jakarta (ANTARA) - Ratusan santri Muda Garut yang tergabung dalam Relawan Seduluran Santri Mahfud (SESAMA) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md di Pilpres 2024.

"Hal tersebut dilakukan karena para santri tersebut meyakini Mahfud MD merupakan sosok Santri yang sat set dan tas tes dalam menegaskan Hukum dan HAM dengan segudang pengalamannya. Oleh karena itu, sosok tersebut sudah pantas untuk menjadi pemimpin Indonesia kedepannya," kata Ketua SESAMA Garut Faiz Shihab dalam deklarasi di Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Deputi Tim Pemenangan Muda (TPM) Ganjar-Mahfud Dharmaji Suradika atau Aji mengapresiasi dukungan terhadap pasangan Ganjar-Mahfud dan menyebut para santri-santriwati sebagai elemen krusial dalam membangun bangsa dan negara.

"Berbicara tentang anak muda berarti santri adalah bagian dari anak muda yang suara dan perannya sangat krusial kita butuhkan untuk membangun Indonesia," kata Aji.

Ratusan Santri yang ikut bergabung dalam acara tersebut merupakan perwakilan santri muda dari berbagai pesantren Garut.

Para santri muda tersebut dipastikan sudah memiliki hak suara dan berharap mampu memberikan efek elektoral akar rumput di desanya masing-masing pada Pemilu 2024.

Deklarasi tersebut juga diisi dengan talk show atau gelar wicara bertema “Peran Santri dalam Implementasi Hukum dan HAM” kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan sharing session atau sesi berbagi pengalaman Santri Patungan Aspirasi.

Dalam acara tersebut, para santri akan membuat rekomendasi patungan aspirasi yang kemudian diserahkan kepada TPM Ganjar-Mahfud untuk disampaikan kepada cawapres Mahfud Md.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Parade Santri Sarungan menuju Tugu Baratayuda yang menyimbolkan kebaikan melawan keburukan, orang baik bersama orang baik.

Dalam parade tersebut terlihat sosok Spiderman dan tiga becak menuju Tugu Baratayuda. Spiderman adalah simbol pahlawan yang sat set dan tas tes, sedangkan tiga becak simbol santri mengantarkan kepemimpinan yang taat pada Tuhan, Hukum dan Rakyat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar: Kita tidak ada beban masa lalu
Baca juga: TPD Ganjar-Mahfud Jateng serap aspirasi milenial melalui talkshow

Pewarta: Rio Feisal/Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023