"Hari ini pendistribusian surat suara tahap kedua setelah kapal yang membawa logistik pemilu tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin,"
Banjarmasin (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (KPU Kalsel) merampungkan tahapan distribusi logistik pemilu berupa surat suara ke 10 wilayah kabupaten dan kota yang dilakukan secara bertahap sejak Jumat (15/12).

"Hari ini pendistribusian surat suara tahap kedua setelah kapal yang membawa logistik pemilu tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin," kata Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa di Banjarmasin, Senin.

Ada delapan wilayah yang jadi tujuan yakni Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Sedangkan pada Jumat pekan lalu enam wilayah telah menerima surat suara tahap satu yakni Kota Banjarbaru, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Tenri menyebut Senin malam ini dijadwalkan ada lagi pengiriman surat suara dalam satu kontainer tiba.

"Jadi tersisa tiga wilayah belum tiba yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tapin," jelasnya.

Dia menyatakan estimasinya awal Januari 2024 nanti semuanya telah rampung baik untuk surat suara untuk DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, dan DPR RI, DPD RI maupun Pilpres.

Tenri menyampaikan terima kasih kepada aparat Kepolisian yang mengawal ketat proses distribusi logistik pemilu termasuk tim Bawaslu yang melakukan monitor sehingga kerja KPU dapat terbantu hingga lancarnya seluruh tahapan pemilu.

Diketahui khusus KPU Kalsel melakukan pengadaan untuk surat suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di PT Pura Barutama Unit Total Security System (TSS) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Kemudian surat suara calon anggota DPRD Provinsi Kalsel oleh PT Temprina Media Grafika di Gresik dan Surabaya, Jawa Timur.

Adapun jumlah surat suara yang dicetak sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kalsel sebanyak 3.025.220, kemudian ditambah dua persen surat suara cadangan dari jumlah DPT.

Pewarta: Firman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023