Kami sudah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menyukseskan libur natal dan tahun baru ini. Selain itu, infrastruktur jalan menuju Gunungkidul sudah banyak dibangun, sehingga mendukung sektor pariwisata,
Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menyambut kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang didukung infrastruktur jalan yang memadai dan pelayanan yang nyaman.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Selasa, mengatakan berdasarkan laporan tim di lapangan, kunjungan wisatawan pada libur Natal dan tahun baru diprediksi sebanyak 180 ribu orang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menyukseskan libur natal dan tahun baru ini. Selain itu, infrastruktur jalan menuju Gunungkidul sudah banyak dibangun, sehingga mendukung sektor pariwisata," kata Sunaryanta.

Baca juga: Menparekraf: Bebas visa kunjungan guna ciptakan pariwisata berkualitas

Ia mengatakan wisata pantai masih menjadi favorit kunjungan wisatawan, sehingga perlu persiapan ekstra diantaranya terkait kemacetan, akses jalan yang sempit dan pengelola wisata.

"Ada beberapa spot jalan sempit sehingga perlu rekayasa jalur. Harapannya tidak semrawut yang akan berpengaruh terhadap kenyamanan wisatawan," katanya.

Sunaryanta meminta pelaku wisata untuk mempersiapkan diri menyambut wisatawan, yakni menjadi pelayan yang baik sehingga tidak terjadi informasi atau pemberitaan yang negatif yang akan berdampak pada wisata Gunungkidul.

"Hal kecil apapun tolong diperhatikan, jangan sampai viral, berita negatif sampai ke mana mana. Jadilah pelayan wisatawan yang baik," katanya.

Baca juga: Sumbar siapkan kalender event pariwisata 2024 untuk gaet wisatawan

Dia juga meminta Polres Gunungkidul melakukan pemetaan baik jalur, arus lalu lintas masuk dan keluar wisatawan dan pengamanan jalur jalur baru akses wisatawan ke Gunungkidul.

"Nanti harapannya bisa bekerja sama dengan karang taruna, dan masyarakat desa pengelola wisata," katanya.

Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan butuh kesiapan ekstra untuk menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 karena bertepatan juga dengan tahun politik pemilihan presiden dan legislatif. "Sehingga perlu dilakukan koordinasi yang baik antar-instansi dan elemen masyarakat," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023