Makassar (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar berhasil meraih 470 prestasi yang membanggakan kampus tersebut selama 2023.

Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas Abdullah Sanusi PhD dalam keterangannya di Makassar, Selasa, mengatakan 470 prestasi mahasiswa itu terdiri atas 36 prestasi internasional, 391 prestasi nasional, 27 prestasi tingkat wilayah, dan 16 prestasi tingkat lokal.

Salah satu prestasi internasional dipersembahkan delegasi Unhas di ajang The 8th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) di Turki, pada 27 April-1 Mei 2023.

Baca juga: Unhas terima penghargaan perguruan tinggi terbaik implementasi QRIS

Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc mengaku bangga dan sangat bersyukur atas capaian prestasi mahasiswa Unhas. Menurut dia, kegiatan kemahasiswaan saat ini tidak lagi dipisahkan dengan kegiatan akademik.

“Terima kasih kepada seluruh mahasiswa Unhas yang telah bersemangat menunjukkan citra Unhas. Terima kasih juga kepada pembina kemahasiswaan dari level prodi hingga universitas,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Malam Anugerah Kemahasiswaan Unhas 2023.

Pada kesempatan ini, Rektor Unhas juga memberikan apresiasi atas capaian prestasi mahasiswa dengan memberikan peningkatan anggaran kemahasiswaan pada tahun 2024.

Baca juga: Unhas raih penghargaan UIGM kampus berkelanjutan di Timur Indonesia

“Malam Anugerah Kemahasiswaan ini menjadi momentum refleksi atas perjuangan yang telah dilakukan bidang kemahasiswaan. Unhas melakukan berbagai upaya untuk eksis dalam pertarungan yang tidak mudah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof Muhammad Ruslin dalam sambutannya menekankan bahwa capaian prestasi Unhas tidak lepas dari dukungan banyak pihak.

Untuk memacu peningkatan prestasi mahasiswa, Unhas saat ini mencoba mensinkronkan kualitas akademik dan pengembangan talenta mahasiswa dengan adanya Kurikulum K23.

Baca juga: Tiga tim mahasiswa Unhas berlaga di ajang Abdidaya Ormawa 2023

“Kebutuhan mahasiswa bukan hanya dalam hal akademik, tetapi juga pengembangan talenta melalui wadah kemahasiswaan. Unhas juga telah melakukan pemetaan talenta dan pengembangan wirausaha,” ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023