Jayapura (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, Papua, menyebutkan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di daerah itu sebanyak 19.327 orang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jayapura Raymond Mandibondibo di Jayapura, Selasa, mengatakan jumlah tersebut berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI pada Senin (18/12).

"Jumlah aktivasi IKD di Kota Jayapura juga menjadi yang tertinggi di Tanah Papua sehingga kami akan terus berupaya untuk meningkatkannya ke depan," katanya.

Baca juga: Dispendukcapil: Aktivasi IKD Surabaya capai 139.970 orang

Menurut Mandibondibo, pihaknya mengajak setiap warga yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dan mempunyai telepon seluler Android maupun iPhone bisa melakukan aktivasi di Disdukcapil setempat atau saat pelayanan di lapangan.

"Kami akan membuka pelayanan pada Selasa tanggal 19 Desember 2023 pukul 17.00 WIT di Auditorium Universitas Cenderawasih," ujarnya.

Baca juga: Ribuan warga Kota Kendari aktivasi IKD di RTP kali Kadia

Dengan adanya pelayanan tersebut, kata dia, masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan itu untuk melakukan aktivasi IKD.

"Bersamaan dengan itu kami juga akan menyosialisasikan IKD kepada masyarakat di Kota Jayapura sehingga kepemilikan identitas digital terus meningkat," katanya.

Baca juga: 11 desa di Temanggung selesaikan target IKD

Dia menambahkan bahwa aktivasi IKD di Kota Jayapura yang tinggi juga tidak terlepas dari peran masyarakat. Hal itu merupakan kolaborasi yang sangat baik dalam meningkatkan pelayanan.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023