Jakarta (ANTARA) - Babak grand final ajang balap motor LFN HP969 Road Race Championship 2023 siap bergulir pada 30-31 Desember di Sentul Karting & Motorcycle Circuit, Bogor, Jawa Barat.

Setelah sukses mengadakan putaran pertama di Purwokerto, Jawa Tengah, ajang balap setingkat kejuaraan nasional ini akan mempertandingkan 10 kelas yang terdiri dari enam kelas utama dan empat kelas pendukung berhadiah total Rp1 miliar.

“Kita ingin memberikan reward terhadap perjuangan para pembalap, mekanik dan tim di sepanjang tahun ini dengan menyediakan hadiah setimpal,” kata inisiator LFN HP969 Road Race Championship H. Putra Rizky Bustamawan, dalam keterangan resmi, Rabu.

Lebih lanjut, H. Putra mengatakan ajang balap ini merupakan bentuk upaya dan kontribusi dalam mewadahi bakat dan sebagai ajang prestasi untuk para pembalap motor di Indonesia, sekaligus bentuk apresiasi terhadap mereka di akhir tahun.

Adapun enam kelas utama yang dipertandingkan adalah Bebek 4 tak 150cc Expert, Bebek 4 Tak 130cc (MP2 Spek Lama) Expert, Bebek 2 Tak 130cc Tune Up Underbone Expert, Bebek 4 Tak 150cc Novice, Bebek 4 Tak 130cc (MP4 Spek Lama) Novice, dan Bebek 2 Tak 125cc Novice.
 

Sementara untuk empat kelas pendukung ada Bebek 2 tak 116cc STD Open, Sport 2Tak Tune Up 140cc Open, Bebek 2Tak 125cc STD Ex-Rider, dan Matic 130cc STD Open.

H. Putra menambahkan, ajang ini direncanakan akan menarik sekitar 300 starter dari berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa pembalap top Tanah Air yang mempunyai poin dipastikan mengikuti ajang ini untuk memperebutkan hadiah utama sebesar Rp250 juta di kelas Expert untuk juara seri.

Nama-nama seperti Aldi Satya Mahendra, Riky Ibrahim, Alfi Husni, Wahyu Nugroho, Kiki Manurung termasuk Rey Ratukore, Wawan Wello serta Fahmi Basam turut berpartisipasi.

Bekerja sama dengan IMI DKI Jakarta, ajang ini diselenggarakan oleh PRIDE serta didukung oleh para sponsor seperti DID, NGK, RCB, IRC, Koizumi, NHK dan TraStar.

“Kita mengisi libur akhir tahun dengan mengadakan balapan yang bisa dinikmati semua penonton dengan aksi-aksi terbaik dari top rider Indonesia,” kata dia.

Selain itu, H. Putra juga memperkenalkan Palugada Motorsport sebagai homebase yang terletak di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Ia berharap tempat itu akan menjadi pusat untuk segala kegiatan motorsport tim LFN, balap motor dan balap mobil.

Baca juga: 383 pembalap ramaikan Pertamina Enduro RSV Racing Championship 2023
Baca juga: Pertamina Enduro RSV Racing Championship suguhkan 16 kelas balap motor


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023