Jakarta (ANTARA) -
Jakarta International Stadium (JIS) tampaknya telah menjadi ikon baru bagi DKI Jakarta. Terbukti, JIS telah menjadi salah satu dari sekian banyak tempat di Jakarta yang kerap dijadikan lokasi berlangsungnya aktivasi-aktivasi kegiatan sportainment, termasuk kegiatan besar bertaraf internasional.
 
Aktivasi yang berlangsung di JIS juga bermacam-macam. Tidak hanya kegiatan olahraga, tapi juga festival dan konser.
 
Berikut ini beberapa kegiatan yang berlangsung di JIS sepanjang 2023.

Jis membuka awal tahun 2023 dengan "Welcome for Community JIS", kemudian Drone competition pada Februari 2023.
 
Konser Dewa 19
 
Awal tahun 2023, band fenomenal Dewa 19 menggelar konser di JIS dengan tajuk “Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 Berkarya”.
 
Pada konser yang berlangsung tanggal 4 Februari 2023 itu, Dewa 19 berhasil mengumpulkan sekitar 75.000 penonton. Penonton yang datang berasal dari berbagai kalangan, bahkan Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil tampak turut menikmati aksi Ahmad Dhani dan kawan-kawan membawakan lagu-lagu legendaris di atas panggung.
 
Dalam konser yang digelar untuk merayakan 30 tahun Dewa 19 itu, sejumlah penyanyi mantan personil band tersebut seperti Ari Lasso dan Once Mekel berkumpul kembali mengobati rindu para penggemar mereka.
 
Penjagaan berlapis dilakukan oleh Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) dengan 2.174 personel dibantu 100 personel TNI dan 100 petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, guna memastikan konser berlangsung dengan aman.
 
Semeru (Semangat Merah Putih)
 
Key visual Semangat Merah Putih di JIS Sport Festival yang berlangsung pada 18-19 Agustus merupakan support dari Kemenpora. Dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 tahun, Jakpro menginisiasi tema untuk memeriahkan 17 Agustus 2023.
 
Semeru, atau singkatan dari Semangat Merah Putih merupakan tema yang akan digunakan selama rangkaian acara berlangsung.
 
Maka dari itu, Jakpro membuat rangkaian aktivasi, mulai dari acara pemutaran film, pameran lukisan, dan beragam acara olahraga lainnya yang bisa dinikmati masyarakat secara gratis. Termasuk JIS Sport Festival di JIS. JIS Sport Festival merupakan aktivasi yang digelar oleh Jakpro di JIS pertama kali dimulai 23 Juli 2023. Dalam kegiatan tersebut, pengunjung diajak berolahraga mulai dari fun walk, pound fit, hingga senam aerobik. Selain itu, terdapat pula games-games menarik serta festival makanan.
 
Puluhan ribu penonton menyaksikan aksi grup band Dewa 19 dalam konser bertajuk "Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya" di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (4/2) (ANTARA/Pamela Sakina)
 
Opening Ceremony Porseni BUMD 2023
 
Lapangan Latih JIS menjadi venue upacara pembukaan atau opening ceremony Pekan Olahraga dan Seni Badan Usaha Milik Daerah (Porseni BUMD) 2023 pada 8 Agustus. Opening ceremony dibuka oleh Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Joko Agus Setyono dan dimeriahkan oleh kontingen dari BUMD DKI Jakarta.
 
Berlangsung hingga 16 Agustus 2023, Porseni BUMD mempertandingkan beberapa cabang olahraga seperti futsal, basket, dan badminton. Selain itu, ada juga pertandingan e-Sport Mobile Legend dan lomba menyanyi. Sebanyak 13 BUMD dan empat perusahaan patungan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
 
Piala Dunia U17
 
Piala Dunia U17 merupakan salah satu event olahraga yang paling dinanti masyarakat tahun ini. JIS menjadi salah satu venue untuk perhelatan tersebut, selain di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, dan Stadion Manahan Solo.
 
JIS pun menjadi stadion dengan penyelenggaraan pertandingan terbanyak, yakni 16 pertandingan dari fase grup pada 11 November 2023 hingga babak perempat final pada 24 November 2023. Adapun tim yang bertanding di JIS yakni tim dari Grup C yang terdiri atas Brasil, Iran, Kaledonia Baru, dan Inggris; tim dari Grup E yang terdiri atas Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, dan Amerika Serikat; dua tim dari Grup D yakni Polandia dan Argentina; serta dua tim dari Grup F yakni Jerman dan Venezuela.
 
Sejak jauh-jauh hari, dalam menyambut perhelatan Piala Dunia U17, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) melakukan sejumlah upaya untuk menyempurnakan sejumlah fasilitas di JIS seperti rumput hibrida, bangku cadangan, atap buka-tutup, ruang ganti pemain, ruang pelatih, ruang VVIP, bahkan jacuzzi dan ruang pijat pemain.
Pesepak bola Timnas Argentina melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Brasil pada perempat final Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Jumat (24/11/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
 
Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia
 
Terbaru, pada 9-10 Desember 2023, kelompok musik Simfoni Bintang Kecil menggelar “Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia”. Festival tersebut digelar untuk menjadi ruang edukasi dan berekspresi bagi anak-anak sekaligus menumbuhkan budaya cinta Tanah Air pada diri mereka.
 
Anak-anak sekolah SD, SMP, hingga SMA/sederajat dari Jakarta dan luar Jakarta diberikan kesempatan untuk tampil menunjukkan kebolehannya. Selain itu, sanggar-sanggar seni juga turut memeriahkan acara.
 
Serunya lagi, acara tersebut juga menampilkan mantan artis-artis cilik Indonesia seperti Tina Toon dan Bondan Prakoso. Lalu, ada juga drama musikal, kontes cosplay super hero Indonesia, hingga pertunjukan kesenian lenong.
 
Festival Musik dan Budaya Anak Indonesia juga memberikan penghargaan kepada kakak-beradik multitalenta yakni Mischka Aoki dan Devon Kei Kenzo sebagai Anak Bangsa Edukatif.

Pada Agutus, JIS menjadi tuan rumah World Grassroot Championship tingkat nasional.
 
Usai sukses menjadi tuan rumah event berskala internasional, JIS tampaknya semakin percaya diri untuk menggelar event-event besar berikutnya.
 
Saat ini, JIS sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah konser grup asal Korea Selatan TWICE, bertajuk “TWICE 5th World Tour ‘Ready To Be’ yang dijadwalkan akan digelar pada 23 Desember 2023. Dengan demikian, TWICE akan menjadi grup K-Pop wanita pertama yang akan menggelar konser di JIS.
 
Selain itu, JIS juga telah mengantongi jadwal untuk event besar lainnya di tahun depan yakni ajang penghargaan tahunan yang digelar oleh Asosiasi Industri Musik Korea Selatan yakni Golden Disc Award ke-38.
 
Acara yang dijadwalkan digelar pada 6 Januari 2024 itu telah dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia, terutama para penggemar musik Korea Selatan. Sebab, beberapa grup K-Pop ternama asal negara tersebut seperti NewJeans, Stray Kids, SEVENTEEN, ENHYPEN, IVE, LE SSERAFIM, TOMRROW X TOGETHER (TXT), hingga STAYC, telah dikonfirmasi akan tampil dalam acara tersebut.

Pewarta: Suci Nurhaliza/Tri Meilani Ameliya
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023