Denfest ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat
Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menargetkan transaksi penjualan dalam ajang Denpasar Festival (Denfest) ke-16 yang diikuti pelaku UMKM selama 22-25 Desember 2023 dapat mencapai Rp3,5 miliar.

"Harapan kami tentu transaksi penjualan ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Tetapi yang terpenting, Denfest ini menjadi ajang promosi bagi UMKM agar lebih dikenal masyarakat," kata Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di Denpasar, Kamis.

Menurut Jaya Negara, ajang tahunan Denfest yang dinanti-nanti masyarakat di Ibu Kota Provinsi Bali itu sesungguhnya semangatnya untuk memberikan sarana promosi bagi produk kerajinan dan produk kuliner yang dihasilkan para pelaku UMKM.

Oleh karena sebagai sarana promosi, lanjut dia, diharapkan setelah ajang Denpasar Festival itu, maka masyarakat yang tertarik dengan produk yang tersaji dapat mencari langsung pada tempat produksi masing-masing pelaku UMKM.

Denfest ke-16 yang dipusatkan di kawasan Patung Catur Muka, Kota Denpasar, ini akan diikuti 178 UMKM unggulan yang sebelumnya sudah melewati fase kurasi.

Jaya Negara juga menegaskan pelaku usaha UMKM (khususnya pengusaha kuliner) yang sudah dua kali mengisi stan Denfest tidak diperkenankan lagi mengikuti ajang tersebut. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM lainnya.

"Denfest ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu masyarakat. Harapannya tentu bisa menjadi ajang untuk menampilkan kreativitas dan hiburan masyarakat di akhir tahun," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Ni Luh Putu Riyastiti menyampaikan target transaksi penjualan UMKM pada Denfest 2023 sebesar Rp3,5 miliar ini, sedikit meningkat dibandingkan realisasi transaksi Denfest tahun sebelumnya yang sebesar Rp3,42 miliar lebih.

Riyastiti menegaskan target Denfest bukan semata-mata untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. "Tetapi Denfest menjadi ajang promosi bagi pelaku UMKM dan sekaligus 'sale' akhir tahun sehingga pengunjung dapat menikmati berbagai kemudahan," katanya.

Terkait proses kurasi bagi pelaku UMKM kuliner yang berkesempatan tampil di Denfest 2023, tim kurator juga melibatkan Dinas Kesehatan dan Indonesian Chef Association (ICA). Sedangkan pelaku UMKM bidang fesyen dan kerajinan yang terlibat di Denfest, difokuskan pada binaan Dekranasda Kota Denpasar.

Riyastiti menambahkan, Denfest ke-16 tahun 2023 mengangkat tema Jayastambha, Pilar Kejayaan. Pilar kejayaan menggambarkan kreativitas dan sifat adaptif terhadap perubahan dan kebersamaan untuk bersama membawa Kota Denpasar menjadi kota yang maju.

"Tema Jayastambha sekaligus menjadi pengejewantahan tonggak prestasi, dimana Pemerintah Kota Denpasar telah berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2023 sebagai penyulut semangat baru bagi Kota Denpasar untuk bersinar lebih terang di kancah nasional," katanya.

Baca juga: Disdukcapil Denpasar buka pelayanan aktivasi IKD di Denfest 2023
Baca juga: Ratusan UMKM dan seniman ikuti Denpasar Festival 2022

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023