Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kota Singkawang dan I-Cats University Collage, Kuching Sarawak Malaysia menjalin kerja sama untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat SIngkawang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di Kuching.

"Kerja sama ini menjadi bentuk tanggung jawab kita bersama dalam membangun hubungan baik negeri kita, karena hubungan baik antara Singkawang dan Kuching menjadi acuan hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia," kata Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro, di Singkawang, Kamis.

Menurut dia, letak geografis Singkawang dan Kuching yang berdekatan menjadi peluang besar pembangunan dan pengembangan kawasan, mulai dari bidang industri hingga pengembangan SDM melalui pendidikan.

Setidaknya inilah yang menjadi alasan kuat Kota Singkawang terus menjaga dan merawat kerukunan antarwarga guna memberikan pesan kepada dunia bahwa perbedaan dapat disatukan dan melahirkan sebuah kerja sama yang baik dalam membangun negeri.

"Kami maksimalkan upaya merawat dan menjaga kerukunan di sini di Singkawang demi memberikan sebuah pesan pada masyarakat dunia bahwa perbedaan dapat disatukan sehingga melahirkan sebuah kerja sama yang baik untuk membangun negeri," tuturnya.

Baca juga: Damri uji coba layanan penumpang trayek Singkawang-Kuching

Baca juga: Kantor Imigrasi Singkawang jalankan program Terpikat

Baca juga: Bawaslu Singkawang tangani kasus pelanggaran kampanye di RS Jiwa


Sumastro pada kesempatan itu menerima kunjungan rombongan yang diketuai oleh Konjen Sarawak di Pontianak, Azizul Zehri Bin Abd Rahim, bersama 21 akademisi yang ingin mengenalkan program studi di I-Cats University Collage serta memberikan kesempatan bagi masyarakat Kota Singkawang yang ingin menimba ilmu di sana.

Dalam kesempatan itu, Sumastro berharap para akademisi dari I-Cats University Collage bisa memberikan ide brilian untuk meningkatkan mutu SDM Singkawang, dengan memberikan kesempatan serta kemudahan warga belajar di sana.

Menanggapi pernyataan Sumastro, Konjen Malaysia Azizul Zehri Bin Abd Rahim melihat semua peluang kerja sama sangat mungkin direalisasikan oleh kedua belah pihak.

Terlebih ia menilai banyak kesamaan antara masyarakat Singkawang dan Kuching, khususnya dalam hal kultur budaya sebagai sesama rumpun melayu, sehingga akan mudah dalam membangun sebuah komunikasi.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023