Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar meminta tips dan trik dari cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta agar proyek-proyek besar dapat masuk ke daerah.

"Saya ingin Pak Gibran menyampaikan tips and trick agar bupati, walikota, dan pemerintah daerah yang lain bisa belajar agar proyek besar bisa ada dimasukkan (seperti) di Kota Solo," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar dalam debat kedua Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat.

Menurut Cak Imin Gibran merupakan contoh pemimpin yang berhasil membawa proyek-proyek besar dibangun di Kota Solo, Jawa Tengah. Ia menilai tips dan trik keberhasilan Walikota Surakarta itu perlu dibagikan kepada pemimpin-pemimpin di daerah-daerah yang lain.

Menanggapi pertanyaan itu, Gibran menyatakan pada saat ini Indonesia sudah melakukan pemerataan pembangunan sehingga daerah yang dibangun tidak hanya Solo, bahkan menjangkau daerah-daerah di luar Jawa.

"Jumlah proyek, jumlah anggaran yang digelontorkan ke Solo sebelum saya jadi Walikota itu lebih besar. Saya tahulah ini arah pertanyaannya ke mana," ujar Gibran.

Gibran juga menyampaikan pembangunan berbagai proyek di Solo menggunakan prinsip kolaborasi sehingga tidak hanya memanfaatkan dana APBN, tetapi juga APBD bahkan bantuan dana dari pihak swasta.

Usai mendengar tanggapan Gibran itu, Cak Imin menyampaikan bahwa jika ia dan pasangan calon presidennya Anies Baswedan memenangi Pilpres 2024, mereka akan membagi APBN secara adil kepada daerah-daerah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin 13 November 2023.

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antarcapres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga: Muhaimin: Pertumbuhan ekonomi harus hindari utang luar negeri
Baca juga: Cak Imin: Pinjol dan judi online harus "dislepet" lagi

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023