Semua ini kami lakukan supaya kendaraan yang dioperasikan laik jalan dan keselamatan penumpang terjaga sampai tujuan
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres melakukan tes urine kepada seluruh supir bus selama periode libur akhir tahun untuk memastikan bahwa pengemudi dan bus yang diberangkatkan laik jalan.
 

Pelaksanaan tes urine dilakukan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat, seluruh puskesmas di Jakarta Barat, serta dibantu oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta.
 

"Nanti apabila ditemukan yang positif, maka kami akan bekerja sama dengan kepolisian di sini juga, ada Polsek Kalideres dan Polres Jakarta Barat," ujar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen saat ditemui di Terminal Kalideres, Sabtu.
 

Selain tes urine, sambung dia, pengelola juga memeriksa kesehatan para supir bus untuk memastikan seluruh pengemudi dalam kondisi sehat agar penumpang yang diangkut bisa selamat sampai tempat tujuan.
 

Pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan di posko kesehatan yang disediakan selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Tak hanya untuk supir bus, posko kesehatan tersebut disediakan pula bagi para penumpang yang akan melakukan perjalanan.
 

Setelah kesehatan pengemudi diperiksa dengan baik, Revi menuturkan pengelola Terminal Kalideres memeriksa bus yang akan melakukan perjalanan antarkota maupun antarprovinsi selama libur akhir tahun.
 

Pemeriksaan jalan (ramp check) dilakukan bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, untuk memeriksa sistem kemudi, sistem rem, hingga sistem lampu kendaraan berjalan dengan baik.
 

"Semua ini kami lakukan supaya kendaraan yang dioperasikan laik jalan dan keselamatan penumpang terjaga sampai tujuan," katanya.
 

Untuk menghadapi peningkatan penumpang selama libur akhir tahun, ia menyebutkan pengelola Terminal Kalideres bersama pihak kepolisian dan TNI turut menyediakan Pos Pelayanan Terpadu Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk melayani dan membantu penumpang apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.
 

Pemeriksaan barang penumpang juga dilakukan pengelola untuk memastikan barang bawaan penumpang aman serta memastikan kenyamanan penumpang yang akan melakukan perjalanan.


Adapun Terminal Kalideres melayani perjalanan bus antarkota dan antarprovinsi di Pulau Jawa dan Sumatera. Pada libur akhir tahun ini, puncak peningkatan penumpang diperkirakan pada 22-23 Desember 2023 dan 28-29 Desember 2023.


Baca juga: Pusat Grosir Asemka Jakarta tampak sepi pengunjung jelang Natal 2023
Baca juga: Sebanyak 751 pemudik gratis berangkat dari Terminal Kampung Rambutan
Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma tingkatkan ketepatan waktu penerbangan


Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023