Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Sabtu (23/12), mulai dari tanggapan pengamat dan pakar pascadebat calon wakil presiden dan KPU buka suara atas unggahan pakar telematika Roy Suryo terkait dugaan kecurangan Gibran Rakabuming Raka.

Berikut rangkuman berita politik kemarin untuk kembali Anda simak.

1. Pakar sebut debat cawapres lebih cerdas dan kontekstual

Pakar tata ruang Universitas Trisakti Yayat Supriatna menilai debat kedua antara para calon wakil presiden (cawapres) pada Jumat (23/12) malam lebih cerdas dan kontekstual sehingga dapat memberikan pertimbangan bagi para pemilih.

"Iya, debat kali ini ini semakin jelas dibandingkan debat pertama. Lebih soft (lembut), lebih cerdas, tidak menembak. Kalau menyindir, menyindir secara intelektual, bukan memojokkan dengan sarkasme yang tujuannya memang menguji kapasitas cawapres," kata Yayat kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini.

2. Survei IPN sebut elektabilitas Prabowo-Gibran tembus di atas 50 persen

Peneliti Senior IPN (Indikator Publik Nasional) Ike Sihotang mengatakan elektabilitas Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah melebihi 50 persen.

"Saat waktu tersisa 2 bulan kurang, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran telah berada di angka 50,2 persen," kata Ike dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini.

3. KPU klarifikasi dugaan kecurangan Gibran oleh Roy Suryo

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari buka suara terkait unggahan pakar telematika Roy Suryo dalam akun media sosialnya yang mengatakan bahwa calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menggunakan tiga mik sekaligus, sementara dua cawapres lainnya tidak.

Dalam unggahannya di media sosial, Roy Suryo mempertanyakan tiga mik yang digunakan Gibran, mulai dari clip-on, hand-held, hingga headset.

Menurut Hasyim, para cawapres yang mengikuti debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12) malam, menggunakan alat mikrofon yang sama.

Selengkapnya di sini.

4. Bahlil: Rp50 triliun investasi asing sudah masuk IKN

Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menepis pernyataan Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. dalam debat Pilpres 2024 kedua yang menyebut bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) minim investasi.

Menteri Bahlil menegaskan bahwa pernyataan tersebut keliru karena pada kenyataannya sudah banyak perusahaan yang berinvestasi di IKN, termasuk perusahaan dari luar negeri yang nilainya investasinya mencapai Rp50 triliun.

Selengkapnya di sini.

5. Pengamat nilai Gibran lebih siap dalam debat, namun sarat problematik

Pengamat politik Universitas Jember Dr. Muhammad Iqbal menilai bahwa calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka lebih siap dalam debat dibandingkan kedua cawapres lainnya, namun pernyataannya masih sarat problematik.

"Gibran sudah seharusnya melahap tema seputar ekonomi karena posisinya saat ini. Berdasarkan tema itu, debat bisa dimenangkan oleh cawapres nomor urut dua," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu dini hari.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023