Jakarta (ANTARA) -
Polres Metro Jakarta Timur dan Unit Penjinak Bom Gegana Brimob Polda Metro Jaya melakukan sterilisasi dan penyisiran di sejumlah gereja di Jakarta Timur pada Minggu.
 
Gereja-gereja yang dilakukan sterilisasi di antaranya GPIB Koinonia di Jalan Matraman Raya (Kecamatan Jatinegara), Gereja Santo Yoseph (Kecamatan Matraman), Gereja Katolik Santo Antonius Padua di Kecamatan Jatinegara.
 
Kemudian Gereja Katolik Keluarga Kudus di Kecamatan Pulogadung dan Gereja Katolik Santa Anna di Kecamatan Duren Sawit yang melaksanakan misa Natal pada Minggu malam.
 
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan, sterilisasi ini guna memastikan misa malam Natal berlangsung lancar dan aman.
 
Personel Unit Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Metro Jaya menggunakan perlengkapan khusus untuk memastikan tidak ada benda berbahaya, mulai dari area parkir hingga bagian dalam gereja.
 
"Kami sterilisasi di gereja-gereja yang cukup besar umatnya, kapasitasnya untuk pelaksanaan malam Natal. Ada lima gereja yang kami sterilisasi," kata Leonardus.

Baca juga: Ribuan personel Kepolisian jaga 150 gereja di Jakpus
Baca juga: Polres Metro Jakbar lakukan sterilisasi di 185 gereja
 
Dari hasil sterilisasi yang dilakukan jajaran Polres Metro Jakarta Timur dan Unit Jibom Brimob Polda Metro Jaya itu, tidak ditemukan benda mencurigakan atau berbahaya pada Gereja.
 
Selain sterilisasi, pihaknya juga membuat pos pengamanan pada masing-masing gereja. Setiap pos ditempatkan sekitar 20 petugas.
 
Secara keseluruhan terdapat sekitar 200 gereja yang tersebar di 10 kecamatan di Jakarta Timur yang dijaga petugas gabungan dari unsur TNI-Polri, Pemerintah Kota (Pemkot). Tapi yang besar ada delapan gereja.
 
"Kita bersama pengurus gereja memastikan pelaksanaan misa bisa berjalan lancar. Karena pelaksanaan tidak hanya satu kali, tapi bisa dua kali hingga tiga kali," tuturnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023