Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur menyebutkan sejumlah desa di lima kecamatan di daerah itu dilanda banjir menyusul meluapnya sungai akibat hujan deras dalam sehari terakhir.

"Banjir terjadi akibat hujan deras sejak Ahad (22/12) sekira pukul 04.00 WIB, sehingga air sungai meluap," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Timur Ashadi di Aceh, Senin.

Adapun lima kecamatan yang dilanda banjir di antaranya Kecamatan Simpang Jernih meliputi Desa Pante Kera, Kecamatan Pantee Bidari meliputi Desa Pante Labu dan Blang Seunong.

Lalu, Kecamatan Indra Makmur meliputi Desa Alu Ie Mirah dan Julok Rayeuk Utara, Kecamatan Sungai Raya meliputi Desa Paya Ketapang, dan Kecamatan Birem Bayeun meliputi Desa Keude Birem.

Baca juga: Polda kerahkan personel evakuasi warga terjebak banjir di Aceh Selatan

Baca juga: PLN padamkan sementara listrik tiga lokasi terdampak banjir di Aceh


Banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Aceh Timur tersebut dengan ketinggian air berkisar 30 centimeter hingga 80 centimeter. Saat ini, petugas di lapangan mendata wilayah lainnya yang terdampak banjir," kata Ashadi.

Dia menyebutkan hingga saat ini belum ada laporan warga yang mengungsi akibat banjir tersebut. Masyarakat masih bertahan di rumah masing-masing.

Ashadi mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan siap siaga terhadap banjir susulan. Jika ketinggian air meningkat segera mengungsi ke tempat lebih tinggi.

"Debit air diperkirakan akan terus meningkat apalagi hujan masih mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Aceh Timur. Tetap waspada dan tingkatkan kesiapsiagaan terutama masyarakat yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai," kata Ashadi.*

Baca juga: Sebanyak 2.614 warga Aceh Timur mengungsi akibat banjir

Baca juga: Aceh Timur dilanda banjir, ratusan warga mengungsi

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023