diperkirakan masih terjadi puncak jumlah penumpang
Jakarta (ANTARA) - Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara mencatat jumlah penumpang 8.426 orang selama periode 18-25 Desember 2023.

"Benar, sampai pukul 13.00 hari ini  berjumlah  8.426 penumpang," kata Kepala Cabang PT. Pelni Tanjung Priok, Anwar Sanusi di Jakarta, Senin.

Anwar mengatakan jumlah penumpang mencapai puncaknya pada Sabtu (23/12)  yakni mencapai 1.664 orang.

"Puncaknya keberangkatan itu terjadi pada Sabtu (23/12) dengan tujuan Surabaya dan Makassar," lanjut Anwar.

Selain itu, kata Anwar, besok diperkirakan masih terjadi puncak jumlah penumpang, khususnya tujuan Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Setelah Natal ini, besok (Selasa (26/12)), penumpang yang sudah ada itu 2.014 orang (hingga pukul 13.00 WIB). Ini mungkin masih bertambah, mengingat kapasitas dispensasi bisa sampai 3.000 penumpang," kata Anwar.

Sebelumnya, PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menggandeng TNI untuk mengawal pelayaran selama libur Natal dan tahun baru.

Kepala Cabang PT. Pelni Tanjung Priok, Anwar Sanusi membenarkan TNI Angkatan Laut akan menempatkan personel untuk ikut mengawal pelayaran atau perjalanan laut serta mendukung pengamanan terkait meningkatnya aktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Ya untuk liburan Natal dan tahun baru, kita menggandeng TNI Angkatan Laut untuk mengawal baik pelayaran atau juga kegiatan di pelabuhan," ucap Anwar saat dihubungi di Jakarta, Jumat.​​​​​​​

Anwar melanjutkan untuk pengamanan di atas kapal penumpang yang berjumlah sembilan armada, TNI AL menempatkan empat personel di masing-masing kapal.

"Khusus puncak penumpang akan ditempatkan langsung di atas kapal  empat personel. Mereka akan mengikuti pelayaran dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan dan saat pulang lagi nantinya," kata Anwar.
Baca juga: Penumpang kereta cepat naik 20 persen pada periode Natal-Tahun Baru
Baca juga: DKI pastikan keselamatan penumpang bus saat libur Natal dan tahun baru
Baca juga: LRT Jakarta bidik tiga ribu penumpang selama Natal dan tahun baru


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023