Jakarta (ANTARA) - Tahun 2023 menjadi tahun berarti untuk sebagian besar orang, termasuk deretan figur publik Indonesia maupun mancanegara yang memutuskan untuk menikah dan menempuh hidup baru bersama pasangannya di tahun ini.

Sejumlah tokoh terkenal Tanah Air hingga mancanegara pun meramaikan daftar pernikahan tahun ini, mulai dari Bunga Citra Lestari atau BCL, Enzy Storia, Barbara Palvin, dan figur publik lainnya. Berikut rangkuman figur publik yang menikah di tahun 2023.

Baca juga: Ibunda Ashraf Sinclair doakan suami baru BCL jadi sosok ayah bagi Noah

Baca juga: Menikah dengan Tiko Aryawardhana, BCL: dia mengembalikan senyum saya


1. Bunga Citra Lestari dan Tiko Aryawardhana
Salah satu figur publik yang menikah di tahun ini adalah pasangan Bunga Citra Lestari (BCL) dan suaminya Tiko Aryawardhana. Pernikahan sang penyanyi dengan suaminya itu masih tergolong hangat dibicarakan karena baru dilangsungkan pada awal Desember 2023.

Digelar di sebuah resor mewah di Kabupaten Karangasem, Bali, pernikahan ini dihadiri oleh keluarga serta sahabat terdekat. Menariknya , kedua orang tua mendiang suami BCL, almarhum Ashraf Sinclair juga turut hadir pada upacara pernikahan tertutup tersebut.

2. Enzy Storia dan Maulana Kasetra
Figur publik yang juga menikah di tahun 2023 adalah pasangan aktris Enzy Storia dengan pasangannya, seorang diplomat muda bernama Maulana Kasetra atau akrab disapa Molen. Pernikahan keduanya berlangsung pada 20 Mei 2023 dan dihadiri oleh keluarga serta sahabat terdekat kedua mempelai.
Pasangan Enzy Storia dan Maulana Kasetra saat menikah beberapa waktu lalu. (ANTARA/Instagram.com @enzystoria)


Saat itu, Enzy menerima mas kawin berupa uang tunai senilai 205 dolar AS, uang Rp2.023 dan mahar berupa emas 8 gram sebagai lambang bulan Agustus (bulan lahir keduanya) serta simbol infinity. Mereka pun tampil serasi dengan Enzy yang mengenakan kebaya dilengkapi aksesori kepala suntiang khas Sumatera Barat. Sementara Molen mengenakan beskap dari rancangan desainer Didiet Maulana.

Baca juga: Enzy Storia akhiri masa lajangnya dengan Molen Kasetra

Baca juga: Deva Mahenra dan Mikha Tambayong menikah di Bali


3. Mikha Tambayong dan Deva Mahenra
Pasangan selebritas Deva Mahenra dan Mikha Tambayong resmi menikah pada 28 Januari 2023. Prosesi pernikahan yang dihadiri oleh keluarga dan sahabat terdekat kedua mempelai itu berlangsung di Nusa Dua, Bali.
Pasangan Mikha Tambayong dan Deva Mahenra saat menikah beberapa waktu lalu. (ANTARA/Instagram.com @miktambayong)


Konsep dan tema pernikahan Deva dan Mikha kala itu dihiasi dengan palet warna putih dan hijau, serta sentuhan rona kebiruan yang merupakan warna favorit dari mereka. Mikha mengenakan tiga busana khusus untuk acara pernikahannya itu, yakni kebaya, gaun putih klasik, dan gaun putih keemasan.

4. Patricia Gouw dan Daniel Bertoli
Patricia Gouw melangsungkan pernikahan dengan sang suami, Daniel Bertoli di Bali pada 6 Februari 2023 yang hanya dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat keduanya. Pernikahan model yang kerap disapa PatGouw ini sempat membuat banyak orang terkejut karena Gouw tidak terlalu mengumbar kisah cintanya dengan sang suami sebelum menikah.
Pasangan Patricia Gouw dan Daniel Bertoli saat menikah beberapa waktu lalu. (ANTARA/Instagram.com @patriciagouw)


Gouw pun mengenakan gaun pengantin berwarna putih dan suaminya dengan setelan tuxedo putih saat pemberkatan keduanya. Untuk resepsi mereka, Gouw tampil menawan dengan mengenakan gaun metalik dengan aksen kerutan di bagian depannya, serta sang suami mengenakan setelan tuxedo berwarna hitam.

5. Valencia Tanoesoedibjo dan Kevin Sanjaya
Bintang bulu tangkis spesialis ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo resmi melepas masa lajang dengan menikahi Valencia Tanoesoedibjo di Paris, Prancis, pada Maret 2023 lalu.
 
Pasangan Valencia Tanoesoedibjo dan Kevin Sanjaya saat menikah beberapa waktu lalu. (ANTARA/Instagram.com @kevinsanjaya)


Sejumlah rekan atlet, keluarga, dan sahabat kedua mempelai terlihat hadir dalam momen bahagia mereka berdua. Kevin terlihat menawan mengenakan jas bernuansa putih, dengan sang istri yang juga terlihat anggun mengenakan gaun berwarna senada dengannya.

Baca juga: Vanessa Hudgens menikah dengan pemain bisbol di Meksiko

Artis mancanegara

Tidak hanya artis dan figur publik asal Indonesia saja yang berhasil melangsungkan pernikahannya di tahun ini. Ada pula sejumlah artis mancanegara, baik bintang Hollywood maupun bintang Hallyu Korea Selatan yang melangsungkan pernikahan mereka juga di tahun ini.

1. Vanessa Hudgens dan Cole Tucker
Pasangan Vanessa Hudgens dan Cole Tucker saat menikah beberapa waktu lalu. (ANTARA/Instagram.com @vanessahudgens)


Sepuluh bulan setelah alumni dari serial High School Musical (HSM) Vanessa Hudgens bertunangan dengan pemain bisbol Cole Tucker, keduanya secara resmi mengikat janji suci dalam sebuah upacara pernikahan intim di Meksiko pada awal Desember kemarin.

2. Dylan Sprouse dan Barbara Palvin
Pasangan Barbara Palvin dan Dylan Sprouse saat menikah beberapa waktu lalu. (ANTARA/Instagram.com @realbarbarapalvin)


Pasangan selebritas mancanegara lain yang telah melangsungkan pernikahan tahun ini adalah aktor Dylan Sprouse dan model Barbara Palvin di Hungaria pada Juli 2023.

Barbara sempat mengatakan acara pernikahan mereka di Hungaria seharusnya menjadi acara yang lebih intim, tetapi pada akhirnya mereka memiliki tamu hingga 115 orang karena ada banyak undangan yang ingin dihadirkan pada hari spesial mereka.

3. Chris Evans dan Alba Baptista
Bintang “Captain America: The First Avenger” Chris Evans dilaporkan resmi menikahi kekasihnya aktris Alba Baptista pada 9 September 2023 di kawasan Boston, Amerika Serikat. Namun, pernikahannya berlangsung sangat tertutup karena para tamu diminta menandatangani perjanjian dan dilarang menggunakan ponsel selama upacara berlangsung.

Baca juga: Anya Taylor-Joy menikah dengan Malcolm McRae di Italia

Baca juga: Chris Evans dan Alba Baptista resmi menikah


4. Anya Taylor-Joy dan Malcolm McRae
Pasangan Anya Taylor-Joy dan Malcolm McRae. (ANTARA/Instagram.com @malcolmmcrae)


Bintang serial “Queen's Gambit” Anya Taylor-Joy resmi dipinang oleh tunangannya, Malcolm McRae, dalam sebuah pernikahan glamor di Italia pada awal Oktober 2023. Di momen tersebut, Anya terlihat mengenakan gaun krem yang indah pada hari istimewanya, dengan tamu Cara Delevingne hingga Julia Garner yang hadir dalam acara tersebut.

5. Leigh-Ann Little Mix dan Andre Gray
Pasangan Leigh-Ann dan Andre Gray saat menikah beberapa waktu lalu. (ANTARA/Instagram.com @leighannpinnock)


Penyanyi dari grup Little Mix, yakni Leigh-Ann Pinnock juga telah menikah dengan sang suami Andre Gray pada bulan Juni 2023 di sebuah pantai di Jamaika. Saat itu, Leigh-Ann terlihat mengenakan gaun putih dan Gray yang mengenakan jas putih serta celana panjang hitam di hari istimewa mereka.

6. Michelle Yeoh dan Jean Todt
Pasangan Michelle Yeoh dan Jean Todt. (ANTARA/Instagram.com @michelleyeoh_official)


Aktris peraih Oscar Michelle Yeoh resmi menikah dengan kekasih lamanya, yakni mantan CEO Ferrari Jean Todt dalam sebuah upacara intim di Jenewa, Swis pada 28 Juli 2023. Menariknya, pasangan tersebut telah menjalin tali pertunangan sejak 19 tahun lalu dan akhirnya di tahun 2023 ini keduanya resmi mengukuhkan ikatan pernikahan mereka.

7. Kim Dong-wook
Aktor asal Korea Selatan Kim Dong-wook. (ANTARA/Instagram.com @keyeastofficial)


Aktor asal Korea Selatan Kim Dong-wook resmi mengumumkan akan segera menikah dengan kekasih non selebnya pada Desember kemarin. Baru-baru ini, diketahui bahwa kekasih yang dinikahinya itu adalah Stella Kim, yakni mantan trainee di agensi hiburan SM Entertainment.

8. Sojin Girl’s Day dan Lee Dong-ha
Pasangan Sojin Girl's Day dam Lee Dong-ha. (ANTARA/Instagram.com @ssozi_sojin)


Sojin, aktris dan anggota dari Girl’s Day telah resmi menikah dengan aktor Lee Dong-ha di Seoul, Korea Selatan pada 18 November 2023. Pernikahan tersebut dihadiri oleh keluarga, sahabat, serta rekan-rekan Sojin di Girl’s Day, yakni Hyeri, Minah, dan Yura.

Baca juga: Pandemi tak mematahkan niat 10 selebritas untuk menikah

10. Cha Chung-hwa
Aktris Cha Chung-hwa resmi menikah dengan seorang pebisnis muda pada akhir Oktober 2023 kemarin. Pasangan itu pun memutuskan untuk menggelar pernikahan secara pribadi dengan acara yang lebih intim karena calon pengantin pria bukan berasal dari kalangan selebritas.

11. Lee Suji The Ark dan Ko Hyoung-woo
Pasangan Lee Suji dan Ko Hyoung-woo saat menikah beberapa waktu lalu. (ANTARA/Instagram.com @woosoobubu)


Lee Suji, mantan anggota dari grup idola The Ark dan UNI.T resmi menikah dengan aktor Ko Hyoung-woo pada 7 Oktober 2023 di Korea Selatan dan dihadiri oleh rekan-rekan dari The Ark serta sejumlah rekan selebritas lainnya.

Baca juga: Enzy Storia akhiri masa lajangnya dengan Molen Kasetra

Baca juga: JoJo umumkan resmi bertunangan dengan Dexter Darden

Baca juga: 12 pesohor tanah air yang menikah sepanjang 2021

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023