Padang (ANTARA) - PT Semen Padang perusahaan di bawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berhasil membangun pembangkit listrik tenaga air skala kecil berkapasitas 17 kilowatt (kW).

"Pembangkit listrik tenaga micro hydro (PLTMH) ini merupakan hasil inovasi tim Power Rangers dari Unit Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) dan Utilitas," kata Ketua Tim Power Rangers PT Semen Padang, Harri Kurniawan di Padang, Jumat.

Inovasi tersebut memodifikasi aliran pipa air dari water plant bukit atas menuju bak head pressure tank pabrik Indarung IV dan V. Aliran pipa air yang mengalir dapat memutar turbin-generator PLTMH, sehingga menghasilkan energi listrik ramah lingkungan.

"Energi yang dihasilkan bebas emisi CO2, dan tidak mengganggu operasional pabrik. Bahkan, sepanjang 2022 PLTMH mampu menghasilkan energi listrik 17 kW dengan realisasi produksi sebesar 100.230 kWH listrik," kata Harri.

Energi listrik yang dihasilkan PLTMH digunakan untuk kebutuhan di lingkungan perusahaan seperti klinik Semen Padang, kantor arsip, kantor PLTD 1, dan penerangan jalan.

Baca juga: Semen Padang raih penghargaan pengelolaan lingkungan hidup dari KLHK

"Yang tidak kalah penting ialah keberadaan PLTMH ini menambah pembangkit baru berbasis energi baru terbarukan di lingkup PT Semen Padang," ujarnya.

Ia menjelaskan PLTMH tersebut mampu menurunkan 77 ton emisi CO2e atau setara dengan menanam 45 batang pohon. Tidak hanya itu, inovasi energi baru terbarukan itu dapat menghasilkan efisiensi energi sebesar 361 Giga Joule, penghematan biaya konsumsi listrik PLN sebesar Rp98 juta, dan potensi penghematan pajak karbon Rp2,3 juta.

Harri menyampaikan potensi air yang mengalir cukup melimpah menjadi latar belakang dibangunnya PLTMH. Semen Padang kemudian berinisiatif membangun pembangkit listrik tenaga air skala kecil.

Hasil inovasi pabrik semen tertua di kawasan Asia Tenggara tersebut berhasil mendapatkan penghargaan platinum pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) Ke-XXVII yang digelar di Yogyakarta.

Baca juga: PTPN V-Semen Padang kerja sama manfaatkan biomassa tandan kosong sawit

Terakhir, menurut laporan Magazine Best Practices sektor semen proper periode 2021-2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, PLTMH tersebut merupakan pertama kali diimplementasikan pada sektor industri semen.

"Nah, industri semen itu adalah PT Semen Padang," ucap dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023