Jakarta (ANTARA) - Malam pergantian tahun 2023 ke 2024 dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara, tidak hanya menyalakan kembang api atau hanya makan malam bersama dengan keluarga.

Bagi yang tidak memiliki ide untuk menyambut malam pergantian tahun, terdapat lima hal yang bisa menjadi referensi merayakan malam tahun baru dengan cara yang tidak biasa, namun, memiliki kesan yang mendalam bersama dengan orang terdekat seperti yang dibagikan laman Business Standard, Sabtu.

1. Piknik malam

Salah satu cara terbaik menyambut Tahun Baru adalah dengan memulai piknik di bawah malam berbintang, yang merupakan cara perayaan yang unik dan menarik. Kebersamaan anggota keluarga atau teman-teman terdekat untuk menikmati berbagai makanan lezat menyambut pergantian malam tahun baru menjadi lebih menjadi berkesan.

Tidak hanya itu, pemandnagan alam yang luar biasa juga akan memberikan pengalaman yang tenang dan damai untuk dibagikan dengan orang-orang terdekat, saat-saat menikmati ketenangan malam pergantian tahun.

Kegiatan berbagi cerita dan mengobrol lebih akrab antar sesama menjadi lebih bermakna sambil berbaring menikmati pemandangan langit di malam hari.

Baca juga: Jakarta akan terbangkan 500 drone di Bundaran HI saat malam tahun baru

2. Yoga tengah malam

Perayaan malam tahun baru tidak hanya bisa dilakukan dengan cara hura-hura bersama dengan orang terdekat, melakukan kegiatan positif untuk memberikan energi positif kepada tubuh melalui kegiatan yoga juga bisa menjadi ide menarik untuk merayakan malam pergantian tahun.

Atur sesi yoga tengah malam. Ambil matras yoga, pindah ke area taman dan mulailah meditasi dengan sukhasana atau pose yoga mudah lainnya. Kegiatan itu juga bisa anda lakukan bersama dengan komunitas yoga yang dikenal, sembari menetapkan awal tahun yang penuh perhatian dan seimbang.

Melakukan yoga di malam hari memiliki banyak manfaat seperti melepaskan stres, kecemasan atau ketegangan pada pikiran dan tubuh serta membantu mengembalikan keseimbangan untuk mempersiapkan istirahat malam yang nyenyak sebelum tidur.

3. Tradisi kapsul waktu

Kegiatan selanjutnya yang dapat menjadi ide menarik dalam menyambut tahun baru, adalah dengan mengundang orang terdekat untuk melakukan penulisan surat atau kenang-kenangan yang dikubur di sebuah tempat yang sudah ditentukan dan akan dibuka pada malam tahun baru berikutnya.

Baca juga: Mengintip tradisi perayaan tahun baru di Jerman

4. Nonton film di luar ruangan

Cara lain untuk membuat malam Tahun Baru berkesan adalah dengan menyelenggarakan malam menonton film di luar ruangan, misalnya
mengubah halaman belakang rumah menjadi bioskop yang nyaman. Pasang proyektor dan nikmati perayaan santai dengan pilihan film favorit bersama dengan teman dan keluarga untuk menikmati nostalgia masa kecil dengan cara baru yang menawan.

5. Pesta hitung mundur virtual

Undang sanak saudara atau teman terdekat untuk merayakan pesat malam tahun bersama untuk melakukan countdown atau hitung mundur menuju 2024 secara virtual, misalnya melalui panggilan video.

Baca juga: Ide merayakan Tahun Baru 2021di rumah tanpa gawai

Baca juga: Pentingnya membuat resolusi tahun baru dan cara menerapkannya


Penerjemah: Chairul Rohman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023