Perguruan tinggi negeri (PTN) unggul di Kalsel itupun mengerahkan seribu mahasiswa dalam aksi penanaman itu termasuk para staf dan dosen
Martapura (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melakukan penanaman seribu lebih bibit pohon di Gunung Pamaton di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan untuk mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menurunkan emisi dari sektor kehutanan.

"Pohon jenis mahoni kami tanam untuk penghijauan di Gunung Pamaton yang merupakan kawasan penting daerah aliran sungai," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Martapura, Rabu.

Baca juga: Kisah Delima perjuangkan hutan bagi masyarakat adat di Tanah Batak

Perguruan tinggi negeri (PTN) unggul di Kalsel itupun mengerahkan seribu mahasiswa dalam aksi penanaman itu termasuk para staf dan dosen.

Alim mengatakan Gunung Pamaton termasuk bagian Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) ULM dan juga areal rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS) PT Adaro Indonesia dengan luas 321 hektar.

Oleh karena itu, dia mengaku jika ULM mendukung penuh program penanaman pohon oleh KLHL karena sesuai dengan visi misi ULM.

Baca juga: Pupuk Kaltim taman 1.000 pohon untuk jqaga ketersediaan air tanah

“Sebagai bagian dari masyarakat forestry nasional, ULM akan mengawal penanaman pohon ini tidak hanya tahap menanam tapi juga merawatnya sampai tumbuh besar," tegasnya.

Diketahui keberadaan pohon dan tutupan lahan mampu meningkatkan daya dukung alam dalam mitigasi perubahan iklim.

KLHK berkomitmen untuk menurunkan emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya dengan target angka net sink sebesar 140 juta ton CO2eq melalui kebijakan dalam rangka pengurangan emisi gas rumah kaca untuk mengendalikan perubahan iklim dengan program Nasional “Indonesia’s FOLU Net Sink 2030”.

Baca juga: BPBD: Cuaca ekstrem sebabkan belasan kejadian pergerakan tanah di Bantul

Pewarta: Firman
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024