Apa yang dilakukan RR telah memberi landasan dan arah pengelolaan Danau Toba
Jakarta (ANTARA) - Pemerhati dan pelaku pariwisata Sanggam Hutapea mengungkapkan peran mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli (RR), untuk mengembangkan pariwisata khususnya Danau Toba.

"RR sangat berperan dalam membentuk Badan Otorita Danau Toba (BODT)," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (3/1).

Lanjut dia, RR turut berperan dalam penandatanganan kesepakatan bersama, tujuh bupati yang wilayahnya berada di kawasan Danau Toba, untuk mendukung pembentukan BODT pada tahun 2016.

"Apa yang dilakukan RR telah memberi landasan dan arah pengelolaan Danau Toba," ujarnya.

Menurut Sanggam RR yang memberikan ide pertama kali untuk mengembangkan kawasan wisata Danau Toba, sebagaimana Monaco yang ada di Eropa.

Dan untuk mewujudkan Danau Toba sebagai ‘Monaco dari Asia’, Rizal mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah sekaligus masyarakat setempat.

"Saya menyampaikan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya Bapak Rizal Ramli. Selamat jalan sahabat, damailah di sisi Nya," kata Sanggam.

Baca juga: Menkeu: Rizal Ramli banyak memberi masukan untuk Kemenkeu
Baca juga: Luhut menghormati Rizal Ramli walau kerap berbeda pandangan


Menurut dia, RR merupakan salah satu putra terbaik Indonesia dan sahabat yang sangat menyenangkan dalam berdiskusi, dan tukar pandangan walaupun selalu kritis.

Sanggam lalu mengenang pertemuannya dengan Rizal Ramli pada tahun 1993, dimana Sanggam mulai menghadiri acara Econit yang melakukan pengkajian ekonomi untuk mengkritisi kebijakan pemerintah yang dirasakan tidak fair bagi masyarakat.

Ekonom senior sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli wafat pada Selasa malam (2/1/2023) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Selanjutnya, almarhum Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada hari Kamis (4/1/2024).

Baca juga: Jokowi: Rizal Ramli aktivis yang kritis dan cinta bangsa
Baca juga: Keluarga: Rizal Ramli dikenang masyarakat sosok pejuang demokrasi
Baca juga: KSP Moeldoko: Kritikan Rizal Ramli adalah obat untuk pemerintah

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024