Jakarta (ANTARA) - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengatakan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD aktif dalam membangun komunikasi dengan anak muda.

"Sebanyak-banyaknya berinteraksi dengan mereka (anak muda) dalam berbagai cara," ujar Andi saat wawancara eksklusif bersama ANTARA di Menteng, Jakarta, Jumat.

Menurutnya, hal itu merupakan strategi dalam menarik suara anak muda sebagai pemilih pemula di Pilpres 2024.

Berdasarkan daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2024, dari total 204,8 juta pemilih, sekitar 106,3 juta atau 52 persen berusia 17-40 tahun. Jika dirinci, persentase pemilih berusia 17-30 tahun mencapai 31,29 persen dari total pemilih dan 31-40 tahun sebanyak 20,7 persen.

Ia mengungkapkan cara tercepat dalam menarik suara anak muda adalah dengan menggunakan media sosial, seperti Instagram hingga TikTok.

"Mas Ganjar, Pak Mahfud, Mas Sandi sangat-sangat sering menyapa mereka di TikTok, sudah beberapa kali melakukan siaran TikTok malam-malam dengan mereka," katanya.

Ganjar pun dalam acara-acara yang melibatkan anak muda selalu melakukan siaran langsung. Selain itu, lanjut Andi, Ganjar mempunyai agenda dengan anak muda saat kunjungan ke daerah.

Ia mencontohkan ketika mendampingi Ganjar berkampanye di Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu, ada sekitar 300 anak muda yang hadir. Di sana, mereka bisa langsung berinteraksi dengan Ganjar.

Pada saat itu, Ganjar berbicara tentang program 'Gratisin' yakni internet gratis bagi pelajar Indonesia. Program ini ternyata sangat ditunggu oleh anak muda.

Sebelumnya, KPU RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca juga: TPN: Ganjar pastikan tidak ada UMKM gagal dapat KUR
Baca juga: TPN: Hilirisasi diperdalam, blusukan perkuat Ganjar adalah Jokowi 3.0
Baca juga: TPN: Ganjar satu-satunya capres yang mau tidur di rumah rakyat

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024