Pada hari ke-40 kampanye, ketiga pasangan calon dan juga tim sukses masing-masing telah melakukan berbagai kegiatan untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja kepada masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024 pada hari Sabtu (6/1) sudah memasuki hari ke-40.

Kampanye hari ke-40 itu diikuti oleh tiga pasangan calon yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pada hari ke-40 kampanye, ketiga pasangan calon dan juga tim sukses masing-masing telah melakukan berbagai kegiatan untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja kepada masyarakat.

Berikut rangkuman kegiatan yang sudah dilalui oleh peserta Pilpres 2024.


Anies-Muhaimin

Calon Presiden RI Anies Baswedan, pada Sabtu (6/1) tidak berkampanye seperti biasanya dengan berkeliling ke sejumlah daerah.

Anies memilih untuk mengadakan agenda pribadi dalam rangka mempersiapkan diri untuk debat capres dan cawapres ketiga yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara itu, Cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin pada hari yang sama menghadiri acara pernikahan sekaligus berkampanye di Jombang, Jawa Timur.

Saat berkampanye di Kabupaten Jombang, Cak Imin mendatangi Pasar Citra Niaga atau Pasar Legi dan memborong minuman serta lauk sate ayam kemudian dibagikan untuk warga yang berada di lokasi tersebut.

Tidak hanya itu, Cak Imin juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan para pedagang serta mendengarkan secara langsung keluhan mereka.

Setelah itu, Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut memberikan motivasi kepada para pedagang dan warga sekitar dan meminta doa agar dilancarkan dalam mengikuti Pemilu 2024.

Pada hari yang sama Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) di Jakarta mengadakan konsolidasi nasional sukarelawan yang bertempat di Markas Pemenangan Timnas AMIN, Menteng, Jakarta Pusat.

Kapten Timnas AMIN, Marsekal Madya TNI Purn. Muhammad Syaugi mengatakan bahwa konsolidasi pejuang perubahan atau sukarelawan yang dihadiri 959 simpul dari dalam negeri dan luar negeri.

Konsolidasi tersebut dalam rangka menyatukan pandangan dan memenangkan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) pada Pilpres 2024 serta memberikan mandat secara resmi dengan dikeluarkannya surat keputusan (SK) bagi para pejuang yang terdaftar.

Ia melanjutkan dengan adanya SK tersebut diharapkan perjuangan para sukarelawan mendapatkan pengakuan dan legitimasi, namun yang terpenting yaitu bergerak mengajak masyarakat memenangkan pasangan AMIN.

"Kami dari Timnas AMIN mengundang seluruh pejuang perubahan pasangan AMIN yang ada di dalam negeri dan luar negeri," kata Syaugi.

Baca juga: Kaukus 89 yakin Anies mumpuni hadapi debat ketiga
Baca juga: Sudirman: Infrastruktur Indonesia maju tapi tata kelola hukum jadi isu


Prabowo-Gibran

Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada hari ke-40 kampanye mengikuti sejumlah agenda yang telah disiapkan oleh tim.

Prabowo menghadiri acara Konsolidasi Partai Golkar Menuju Pemilu Damai 2024 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat.

Saat memberikan sambutan dalam acara tersebut, Prabowo menekankan bahwa program kerja pasangan nomor urut 2 itu akan meneruskan dan menyempurnakan kebijakan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, ia juga berjanji akan mengelola kekayaan yang dimiliki Indonesia agar bisa dinikmati oleh masyarakat luas, sehingga dapat sejahtera.

Tidak hanya itu, Prabowo juga menargetkan kemenangan 90 persen di Bogor, karena jumlah suaranya unggul pada pemilihan sebelumnya. Ia tercatat dua kali meraih suara dominan di Bogor pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 dibandingkan lawannya Joko Widodo.

Ia juga menargetkan untuk bisa menang dalam satu kali putaran Pemilihan Presiden (Pilpres), sehingga tidak banyak biaya yang perlu dikeluarkan untuk Pemilu.

"Sekali putaran sajalah. Lebih baik uangnya dihemat, nanti untuk rakyat Indonesia," ujar Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sementara itu, pada hari yang sama Cawapres RI Gibran mengadakan kampanye di Kabupaten dan Kota Cirebon, Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, Gibran sempat bertemu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), di mana ia menilai bahwa pengurusan izin usaha melalui sistem Online Single Submission (OSS) efektif untuk mengurangi pungutan liar.

Gibran juga menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan dua ulama di Kabupaten Cirebon yaitu Pengasuh Pondok Pesantren Buntet Kiai Haji Adib Rofiuddin dan juga Habib Thohir bin Muhammad bin Yahya atau disapa Ayip Thohir yang merupakan ulama di Desa Semplo, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon.

Gibran juga sempat bermain futsal dengan mengenakan sarung bersama para Gus dari berbagai pondok pesantren se-Pulau Jawa.

Setelah bermain futsal, Gibran menggelar dialog dengan para Gus dan Ning serta menyampaikan keinginannya agar ke depannya ada transformasi di pondok pesantren untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Ia meminta para Gus untuk mengawal program-program Prabowo-Gibran seperti Dana Abadi Pesantren, transformasi pondok-pondok, transformasi pesantren 5.0.

“Saya ingin yang muda mengambil peran dengan kerja keras. Gus-gus semua yang hadir di sini melek teknologi, itu menjadi modal utama,” kata Gibran.
 
Ketua KPU Hasyim Asyari (kiri) berbicara dengan komisioner KPU Yulianto Sudrajat (tengah) dan Mochamad Afifuddin (kanan) di sela konferensi pers terkait persiapan debat ketiga Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (5/1/2024) ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Spt. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)


Baca juga: Muzani nilai Jokowi semakin mempertegas dukungan terhadap Prabowo
Baca juga: Gibran dan Gus se-Jawa ikuti Futsal Sarungan Bareng Samsul di Cirebon


Ganjar-Mahfud

Calon Presiden dan Wakil Presiden RI nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada hari ke-40 kampanye juga mengadakan sejumlah kegiatan.

Kedua pasangan calon nomor urut 3 tersebut bersama-sama menghadiri acara deklarasi dukungan dari Forum Betawi Rempug (FBR) di Areal BKT di Jalan Cakung Cilincing 2, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Ganjar sempat memberikan beberapa keterangan kepada media massa terkait isu-isu politik terhangat, salah satunya pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Menteri Pertahanan sekaligus Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto Jumat (5/1) dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/1).

Ia memang tidak mempersalahkan pertemuan itu, namun Ganjar mengatakan bahwa pertemuan-pertemuan yang dilakukan Jokowi sudah menunjukkan keberpihakan dalam Pilpres 2024.

"Oh, kalau buat saya pasti itu sudah menunjukkan sikap berpihak begitu ya. Kalau saya sih biasa saja. Kan memang sudah berpihak," katanya.

Setelah kegiatan tersebut, Ganjar tidak mengadakan agenda lainnya dan fokus mempersiapkan diri untuk menyiapkan materi debat.

Sedangkan Cawapres RI Mahfud Md, ketika memberikan sambutan pada acara deklarasi dukungan FBR dan Ikatan Keluarga Madura (Ikama) mengatakan bahwa dukungan tersebut merupakan murni dari gerakan masyarakat bawah, dan dukungan tersebut bukanlah hal yang dimobilisasi.

"Rakyat di bawah itu akan berpartisipasi dan memilih secara benar, tetapi tidak dimobilisasi. Kalau dimobilisasi, itu artinya orang datang, dibayar, lalu dijanjikan sesuatu dan seterusnya," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) meminta masyarakat pada hari pemungutan suara, Rabu 14 Februari 2024, untuk dapat mencoblos dengan mengikuti hati nurani meskipun telah menerima uang dari calon tertentu.

Oleh sebab itu, Mahfud mengajak masyarakat yang hadir pada acara tersebut untuk saling memberi tahu kepada sesama agar tetap memilih dengan mengikuti hati nurani

"Saudara beri tahu kepada rakyat. Mereka boleh diberi sembako, boleh diberi uang, terima uangnya. Akan tetapi, ketika mencoblos harus ikut, ikut yang diajarkan semua agama, yaitu ikut bisikan hati nurani," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Mahfud: Dukungan FBR dan Ikama adalah murni dari bawah
Baca juga: TPN sebut Ganjar-Mahfud siapkan strategi untuk pertahanan Indonesia

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024