Jakarta (ANTARA) - Coco Gauff mengalahkan Elina Svitolina dalam final tiga set yang melelahkan, Minggu, untuk mempertahankan gelar Auckland Classic dalam pemanasan yang ideal untuk Australian Open.

Petenis peringkat tiga dunia dan unggulan teratas asal Amerika itu menunjukkan kegigihannya dengan bangkit untuk menang 6-7(4/7), 6-3, 6-3 melawan unggulan kedua asal Ukraina, yang penampilannya diragukan setelah tertatih-tatih di semifinal pada malam sebelum final.

Namun, Svitolina sepenuhnya menguji Juara US Open itu untuk pertama kalinya dengan kehilangan set pertama di turnamen tersebut.

"Ini pertama kalinya harus mempertahankan gelar, jadi saya sangat senang bisa melakukannya hari ini," kata Gauff yang memenangi gelar Grand Slam perdananya di New York pada September, seperti disiarkan AFP.

Gauff yang berusia 19 tahun terlibat dalam pertarungan baseline yang sengit melawan petenis peringkat 25 dunia yang tidak menunjukkan tanda-tanda cedera punggung dan pergelangan kaki yang dia alami saat mengklaim kemenangan tiga set di semifinal atas petenis China Wang Xiyu.

Svitolina baru kembali ke tur pada April tahun lalu setelah melahirkan.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Elina atas pekan yang luar biasa ini," ujar Gauff menjelang perjalanan ke Melbourne untuk Grand Slam pertama tahun ini yang dimulai tujuh hari lagi.

"Apa yang Anda lakukan, menjadi seorang ibu dan kembali begitu cepat dan berada pada level setinggi itu cukup menginspirasi. Mudah-mudahan, tidak dalam waktu dekat, saya bisa melakukannya seperti yang sudah Anda lakukan."

Baca juga: Gauff selangkah lagi pertahankan gelar Auckland Classic

Svitolina, tiga kali semifinalis Grand Slam, melakukan perlawanan sebelum memenangi tiebreak.

Gauff mulai menemukan ritmenya saat ia menyamakan kedudukan pada set kedua. Seiring dengan itu, kepercayaan dirinya semakin meningkat dan jumlah unforced error yang dia lakukan berkurang.

Gauff menyelesaikan pertandingan dengan mengambil satu-satunya break pada set ketiga dan meraih gelar WTA kedelapan dalam waktu dua jam 35 menit.

"Merupakan pengalaman yang luar biasa bisa bermain untuk pertama kalinya di sini," kata Svitolina.

"Tentu saja kekalahan yang berat hari ini, tapi saya berharap juga bisa kembali tahun depan."

Baca juga: Ulangi final Australian Open, Sabalenka tantang Rybakina di Brisbane
Baca juga: Nadal sedikit khawatir hadapi Australian Open setelah alami cedera

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024