Tidak ada serangan yang masuk lewat darat maka yang harus diperkuat adalah sektor laut.
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menyatakan bahwa modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) di sektor laut harus menjadi prioritas dalam upaya meningkatkan pertahanan dalam negeri.

"Tidak ada serangan yang masuk lewat darat maka yang harus diperkuat adalah sektor laut," kata Ganjar dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Ganjar mengemukakan hal itu ketika menjawab pertanyaan Capres RI Prabowo Subianto terkait dengan sektor mana yang harus menjadi prioritas dalam meningkatkan sistem keamanan negara.

Menurut Ganjar, sektor laut menjadi prioritas utama mengingat Indonesia merupakan negara maritim yang mayoritas teritorial dikelilingi oleh laut.

"(Angkatan laut) mereka butuh sonar, mereka butuh sensor, dan mereka sampaikan kebutuhan itu penting hari ini," kata dia.

Sektor selanjutnya, kata dia, adalah modernisasi sistem pertahanan dan persenjataan negara di sektor udara.

Untuk sektor tersebut, dia mengkritisi kebijakan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan yang memilih untuk membeli pesawat bekas yang dinilainya memiliki risiko.

"Saya tidak rela kasihan prajurit pesawatnya bekas. Dia harus latihan lagi 3 tahun, kasihan," ujar dia.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Ganjar menekankan perlunya peningkatan anggaran pertahanan negara sebesar 1 hingga 2 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Baca juga: Anies kritik Prabowo soal pengadaan alutsista
Baca juga: Ganjar beri nilai lima untuk kinerja Kemhan di bawah Prabowo
Baca juga: Prabowo bantah pernyataan Anies soal "orang dalam" di Kemenhan


Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023 dan debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang kembali mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga yang diselenggarakan KPU meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024