Maaf kali ini Bapak (Prabowo) tidak menjawab sama sekali pertanyaan saya, Pak. Saya ingin data pertahanan saya ini silakan Anda bantah di sini. Bapak tidak mampu membantah
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tidak mampu menjawab pertanyaan yang disampaikan dirinya perihal penurunan Indonesia dalam sejumlah angka indeks militer.

Selain itu, Ganjar mengatakan bahwa Prabowo tidak mampu menjawab mengenai kekuatan pokok minimum atau minimum essential force (MEF).

"Maaf kali ini Bapak (Prabowo) tidak menjawab sama sekali pertanyaan saya, Pak. Saya ingin data pertahanan saya ini silakan Anda bantah di sini. Bapak tidak mampu membantah," kata Ganjar dalam debat ketiga Pilpres 2024 yang mempertemukan antar-capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Ganjar juga menjelaskan Prabowo justru menjawab pesawat bekas yang tidak ditanyakan oleh dirinya, sehingga tidak menjawab sama sekali.

"Dan Bapak menjelaskan pesawat bekas. Saya tidak pernah berbicara pesawat bekas dalam pertanyaan saya. Minimal saya bertanya, kalau tadi Bapak maaf mendengarkan terakhir capaian MEF kita hanya 65,49 persen dari target 79 persen dan ini mengkhawatirkan karena akhir tahun ini sudah harus selesai, Bapak juga tidak menjawab," katanya.

Ganjar juga mengatakan bahwa dirinya meragukan pernyataan Prabowo karena pertanyaan yang diajukan dirinya tidak dijawab.

Baca juga: TPN: Ganjar-Mahfud fokus penuhi 100 persen MEF di 2024

Baca juga: Prabowo sebut COVID-19 dan Menkeu punya andil dalam pemenuhan 'MEF'


"Jadi artinya sebenarnya apa yang Bapak jawab dari seluruh pengelolaan pertahanan yang ada di Indonesia ini? Sungguh-sungguh saya meragukan itu karena data ini kemudian tidak mampu membantah di sini. Bahkan saya sudah memberikan ruang terbuka kalau ada staf yang bisa membantu silakan berdiri di sini," ujarnya.

Sebelumnya Ganjar mengatakan bahwa Global Peace Index menurut Institute for Economics and Peace turun, Global Militarization Index dari The Bonn International Centre for Conflict Studies (BICC) turun.

Kemudian, angka kapabilitas militer dari Lowy Institute Asia Power Index turun, serta angka proporsi anggaran pertahanan turun yang bersumber dari International Institute for Strategic Studies (IISS) Military Balance+.

Selain itu, Ganjar menanyakan soal mengapa capaian MEF terjadi penurunan dan solusi yang ditawarkan oleh Prabowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024