Cianjur (ANTARA News) - Menjelang malam H+6 Lebaran, arus lalulintas di Jalur Puncak-Cianjur, Jabar, kembali tersendat dengan antrean memanjang hingga 8 kilometer menuju Bogor.

Laju kendaraan sempat tersendat selama beberapa puluh menit, bahkan sempat terhenti. Penyebab utama terjadinya antrean akibat banyaknya kendaraan yang keluar dari sejumlah tempat wisata yang terdapat di sepanjang jalur tersebut.

Banyak kendaraan yang ke luar masuk tempat wisata di sepanjang jalur utama Cianjur-Bogor diperkirakan akan membuat antrean kian panjang sampai tengah malam nanti.

Antrean kendaraan yang didominasi kendaraan roda empat wisatawan dan sejumlah kendaraan dengan ciri khas mudik yang hendak kembali ke perantauan masing-masing, terus memanjang dengan ekor di Jalan Raya Cipanas.

Salah seorang polisi di Pertigaan Kebun Raya Cibodas mengungkapkan, antrean kendaraan yang keluar dari tempat wisata yang ada di sepanjang jalur tersebut mengakibatkan laju kendaraan terhambat karena jumlahnya cukup banyak.

''Tidak hanya jalur ini yang macet total, namun jalur keluar dari tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas, antrean kendaraan mencapai 1 kilometer. Ini sudah terjadi sejak H+2 Lebaran dan diperkirakan akan terjadi hingga Sabtu,'' katanya.

Dia menghimbau bagi penguna jalan dengan tujuan Bogor, Jakarta dan seterusnya dari arah Cianjur, untuk mengunakan jalur alternatif Jongol atau Sukabumi.

Bahkan, untuk mengantisipasi macet total, Polres Cianjur memasang sejumlah papan pengumuman di sepanjang Jalur Bandung-Cianjur, yang mengarahkan penguna jalan ke jalur alternatif.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013