Kami tidak mau membayang-bayangkan bagaimana sulitnya pertandingan nanti
London, Inggris (ANTARA News) - Pelatih Chelsea Jose Mourinho menyatakan keyakinannya bahwa perburuan gelar juara Liga Utama Inggris akan lebih terbuka dibanding sebelumnya.

Chelsea akan mengawali musim kompetisi menghadapi Hull, Minggu dan bagi Mourinho, pertandingan menghadapi klub yang baru promosi tersebut adalah tugas pertama setelah meninggalkan Stamford Bridge sejak enam tahun lalu.

Pelatih asal Portugal tersebut sukses mengantar The Blues meraih dua gelar juara dan diperkirakan klub tersebut berpotensi untuk merebut gelar juara dari Manchester United.

Namun Mourinho menyatakan bahwa persaingan akan lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Saya yakin bahwa Liga Inggris akan lebih ketat karena terdapat banyak tim-tim kuat yang siap bersaing berebut gelar juara," kata Mourinho.

"Menjadi lebih ketat karena kekuatan tim yang berimbang. Tapi saya kira, bila dibanding tahun-tahun sebelumnya, sekarang tim-tim semakin tangguh," katanya seperti dikutip AFP.

"Mungkin pada Desember atau Januari nanti Anda baru bisa menilai tim mana yang tidak cukup tangguh untuk bersaing merebut gelar. Tapi untuk permulaan, saya kira ada enam klub yang siap bersaing ketat," kata Mourinho.

Mourinho mengakui bahwa ia berharap para pendukung Chelsea kembali menyambutnya dengan hangat dan ia berencana untuk datang ke stadion 24 jam sebelum pertandingan dimulai.

Baru-baru ini, Chelsea mengadakan tur keliling dunia dengan membawa pemain yang baru direkrut, termasuk Andre Schurrle dan Marco van Ginkel. Tapi kedua pemain itu justru belum pernah bertanding di Stamford Bridge.

"Saya akan di stadion lebih awal untuk merasakan sesuatu. Saya ingin berbagi. Tidak hanya saya, tapi juga para pemain baru yang bahkan belum tahu di mana kamar ganti di stadion itu."

"Saya akan ke stadion Sabtu untuk berlatih, agar pemain baru terbiasa dengan kamar ganti, lorong-lorong dan lapangan. Mereka belum pernah ke sana," katanya.

"Kembali ke sana akan menimbulkan perasaan berbeda. Saya merasakan hal itu saat kesini dari Inter, tapi sekarang saya sudah terbiasa dengan stadion dan pendukung," katanya menambahkan.

Van Ginkel dan Schurrle diperkirakan akan diturunkan untuk mengawali debut mereka bersama Kevin De Bruyne yang musim lalu dipinjam ke Werder Bremen.

Sementara itu pelatih Hull, Steve Bruce akan menurunkan pemain baru Tom Huddlestone dan Jake Livermore, dua pemain tengah yang direkrut dari Tottenham minggu lalu.

Kiper asal Skotlandia Allan McGregor, pemain belakang Curtis Davies dan Maynor Figueroa, serta penyerang Danny Graham juga diperkirakan akan mengawali debut mereka bersama The Tiger.

Hull tidak pernah menang dalam 19 kali pertemuan dengan Chelsea sebelumnya.

Namun Bruce yang mantan pelatih Sunderland, Wigan dan Birmingham itu menegaskan bahwa ia siap untuk merusak pesta Chelsea di hadapan pendukung mereka sendiri.

"Kami siap untuk memberikan kejutan nanti di kandang Chelsea. Kami tidak menginginkan ujian yang lebih besar atau tantangan yang lebih besar. Saya tidak yakin apakah lebih baik untuk berhadapan dengan tuan rumah Chelsea pada pertandingan pertama kami, nanti akan saya beri tahu usai pertandingan," kata Bruce.

"Kami tidak mau membayang-bayangkan bagaimana sulitnya pertandingan nanti. Sekarang kami sudah berada disini, jadi nikmati saja. Tugas saya adalah untuk memastikan bahwa kami tetap bersemangat," katanya.

"Tentu saja ada pertandingan dimana kami mengalami kekalahan, tapi yang penting adalah bagaimana bangkit dari kekalahan dan bagaimana menerima kekalahan itu," katanya menambahkan.

Penerjemah: Atman Ahdiat 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013