Makassar (ANTARA) - Sebanyak 21 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) membahas peningkatan mutu pendidikan tinggi dalam Temu Nasional Penjaminan Mutu yang digelar LPMPP Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Kamis.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unhas Prof Dr Musrizal Muin MSc menyampaikan bahwa upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi harus terus diimplementasikan melalui evaluasi berkelanjutan dan adaptasi terhadap perkembangan terkini.

"Lembaga penjaminan mutu memiliki peran strategis dalam mendukung visi dan misi perguruan tinggi," katanya.

Baca juga: Unhas tuan rumah kuliah Bestari PTNBH pencapaian pemeringkatan global

Dia mengatakan, pertemuan ini adalah yang kedua kalinya setelah pada tahun sebelumnya dilaksanakan pertemuan serupa dengan IPB sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan.

"Temu nasional ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang di dalamnya antara lain mengatur tentang otonomi perguruan tinggi melalui pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum atau dengan membentuk PTNBH," katanya.

Dalam kegiatan ini, menurut dia, dibahas isu-isu pengembangan budaya mutu akademik, khususnya pada aspek administratif, seperti program studi, akreditasi maupun aspek substansi, seperti kepatuhan terhadap standar internasional dan praktik-praktik mendasar terbaik yang mendorong tumbuhnya budaya mutu akademik berkualitas di perguruan tinggi.

Baca juga: Unhas-Unesa perkuat strategi pencapain IKU PTNBH

“Kegiatan ini hadir untuk melanjutkan apa yang telah dimulai pada pertemuan pertama. Ada beberapa hal yang didiskusikan bersama, dengan tujuan tentunya menjadi rekomendasi ataupun solusi dalam mendorong mutu pendidikan yang lebih berkualitas,” kata Prof Musrizal

Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta.

Dia menuturkan Unhas merupakan mitra setia sekaligus perguruan tinggi yang menjadi penyeimbang perguruan tinggi di bagian timur dan barat Indonesia.

Baca juga: 16 PTNBH diseminasikan 141 penelitian hasil riset kolaborasi bersama

"Melalui pertemuan yang menghadirkan para delegasi dari 21 Perguruan Tinggi Berbadan Hukum dapat menghasilkan ide maupun gagasan yang bisa digunakan dalam menghasilkan kualitas pendidikan yang semakin baik ke depan," katanya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024