Kami memang ditargetkan untuk menambah jumlah sekaligus membina serta mendampingi UMKM yang sudah ada.
Medan (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) fokus menaikkan kuantitas dan kualitas lebih dari 300 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan mereka yang tergabung di Rumah BUMN di Sibolga dan Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan.

"Kami memang ditargetkan untuk menambah jumlah sekaligus membina serta mendampingi UMKM yang sudah ada," ujar Manajer Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN UID Sumut Yasmir Lukman, di Medan, Kamis.

Oleh sebab itu, Yasmir melanjutkan, pihaknya pun menugaskan pengurus rumah BUMN di Sibolga dan Padangsidimpuan untuk aktif mencari dan merekrut pelaku UMKM yang baru tumbuh di dua daerah tersebut.

Dengan berada di Rumah BUMN, dia menyebut pelaku UMKM akan menerima banyak program pendampingan dan pembinaan yang intensif.

Sedangkan untuk UMKM yang sudah ada, Yasmir memastikan bahwa pihaknya fokus menambah kualitas mereka dengan berbagai terobosan.

UMKM tersebut dibantu PLN UID Sumut untuk mendapatkan beberapa kemudahan, misalnya untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Kemudian mereka juga membantu UMKM untuk memoles kemasan agar lebih menarik. Selain itu, aspek manajemen keuangan dan pemasaran pun menjadi perhatian.

"Kami mendampingi pengelolaan manajemen keuangan mereka dan memberikan pemahaman dengan pemasaran melalui pasar digital," kata Yasmir.

Pada tahun 2023, melalui UMKM binaannya, PLN UID Sumut mendapatkan penghargaan kategori "Gold" pada Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2023.

Ketika itu, PLN UID Sumut dianggap berkontribusi dalam mencapai tujuan SDGs 8.3.a yaitu Peningkatan Peluang Usaha dan Kerja Bagi Masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dengan program "Pemanfaatan Green Bean House: Produksi Kopi Angkola Melesat, Omzet Petani Meningkat" yang berlokasi di Desa Situmba, Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan.

"Waktu itu kebetulan memang kami menyertakan satu UMKM saja. Tahun 2024 kami akan mengirimkan lebih banyak UMKM lagi terutama UMKM binaan yang sudah mengikuti beberapa 'event'," kata Yasmir pula.
Baca juga: PLN Mobile sukses buat pelaku UMKM dibanjiri pelanggan

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024