Jakarta (ANTARA) - Juara US Open Coco Gauff melaju ke babak kedua Australian Open, Senin, menjelang kembalinya Naomi Osaka ke ajang Grand Slam tersebut.

Beberapa waktu lalu, unggulan keempat Gauff mengatakan bahwa dia ingin memenangi beberapa gelar besar setelah capaiannya di Flushing Meadows, New York.

Petenis berusia 19 tahun itu mewujudkan rencananya dengan kemenangan 6-3, 6-0 atas petenis peringkat 68 Slovakia Anna Karolina Schmiedlova di Rod Laver Arena.

"Saya sedikit gugup pada set pertama dan saya pikir saya melakukan pengembalian bola dengan baik dan kemudian saya menemukan servis saya menjelang akhir (set)," kata Gauff, yang berhasil mempertahankan gelarnya di Auckland, seperti disiarkan AFP, Senin.

Selanjutnya, Gauff akan berhadapan dengan petenis Amerika non-unggulan Caroline Dolehide di babak kedua.

Baca juga: Gauff ingin bawa semangat mental kemenangan US Open di Australian Open

Pada pertandingan babak pertama lainnya petenis Ukraina Elina Svitolina juga melaju mengalahkan petenis Australia Taylah Preston dengan hanya kalah empat gim, 6-2, 6-2.

Unggulan kesembilan belas Svitolina, dua kali perempat finalis di Melbourne, selanjutnya akan menghadapi petenis non-unggulan Viktoriya Tomova setelah petenis Bulgaria itu berhasil melewati American Kayla Day.

Baca juga: Osaka bangkitkan nostalgia untuk kembali ke Australian Open

Sementara itu, Ibu baru Naomi Osaka akan menjadi daya tarik utama di lapangan tengah pada sesi malam, setelah rehat dari tenis pada September 2022 dengan alasan kesehatan mental.

Setelah melahirkan bayi perempuan, Shai, pada Juli, bintang Jepang itu memutuskan untuk kembali pada musim 2024.

Namun, ia menghadapi tantangan besar pertama melawan unggulan ke-16 asal Prancis, Caroline Garcia.

"Saya memiliki pola pikir yang jauh lebih positif dan pola pikir yang jauh lebih bersyukur," kata juara Grand Slam empat kali Osaka tentang kembalinya ke Melbourne, tempat ia meraih gelar pada 2019 dan 2021.

Baca juga: Juara Wimbledon Vondrousova tersingkir dari Australian Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024