Makassar (ANTARA) - Sebanyak 48 mahasiswa Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar berhasil meraih prestasi nasional dan internasional selama 2023.

Kepala Biro Komunikasi Humas Unhas Dr Ahmad Bahar di Makassar, Kamis, mengatakan salah satu mahasiswa yang meraih prestasi internasional adalah Abdul Salam Saputra. Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021 ini meraih Gold Prize di ajang Seoul International Invention Fair 2023, Korea Selatan.

Selain prestasi internasional, Abdul Salam juga meraih prestasi pada Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia, yang merupakan salah satu ajang lomba debat yang cukup bergengsi di Indonesia yang diselenggarakan Puspresnas.

"Di ajang tersebut Abdul Salam menyabet medali emas Pembicara Terbaik Divisi B," kata Ahmad Bahar.

Baca juga: 20 Tim Unhas lolos pendanaan riset I-CORE dari Kemendikbudristek

Sementara itu, Abdul Salam mengatakan termotivasi untuk berprestasi karena kesadaran untuk berubah menjadi lebih baik.

"Saya paham kalau kesuksesan mungkin membutuhkan privilege dan saya mungkin tidak punya privilege untuk saat ini, maka itulah alasan saya untuk terus berusaha dalam berprestasi dan membuat privilege saya sendiri,” ujarnya.

Menurut Abdul Salam, KIP-K sangat membantu selama ia menempuh pendidikan di Unhas. Uang saku yang diperoleh juga dimanfaatkan untuk menambah kemampuan dan membeli kebutuhan seperti buku yang menunjang pendidikan dan prestasinya.

Untuk itu, ia berpesan agar tak menjadikan keterbatasan finansial untuk berhenti berprestasi.

“Sebenarnya di balik keterbatasan ada jiwa yang dididik untuk lebih kuat daripada yang lain. Jadi jangan pasrah, karena kita bisa menciptakan masa depan kita sendiri,” katanya.

Baca juga: Mahasiswa Unhas raih penghargaan YAR-TSRA Knowledge Summit 2023

Selain Abdul Salam, mahasiswa penerima KIP-K dari Fakultas Peternakan Ainun Rahmadania Nur M juga menorehkan prestasi. Pada tahun 2023, Ainun bersama tim Fakultas Peternakan mengikuti ajang internasional Youth International Science Fair (YISF).

“Kami mengikuti lomba secara online untuk kategori Environmental Science. Alhamdulillah, saya dan tim berhasil mendapatkan Gold Medal dalam lomba tersebut,” ujarnya.

Selain ajang tersebut, Ainun juga lolos pendanaan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2023. Ia juga meraih juara harapan pada Management Bussiness Plan Competition (MBPC) Universitas Atma Jaya.

Menurut Ainun, beasiswa KIP-K sangat membantu kelancaran proses perkuliahannya, terutama membantu keluarga meringankan biaya kuliah.

Baca juga: Unhas terbaik 2 Indonesia's SDGs Action Awards 2023 Bappenas RI

“Saya sangat bersyukur menjadi salah satu penerima beasiswa KIP-K,” ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024