Kepala BNPB juga akan menyerahkan bantuan secara simbolis
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto bersama Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kamis, akan meninjau banjir di Kabupaten Pelalawan, di Jalan Lintas Timur (Jalintim) dan lokasi pengungsian banjir.

"Kunjungan kerja Kepala BNPB di Riau mulai berlangsung hari ini sampai besok," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Edy Afrizal mengatakan kunjungan ke Kabupaten Pelalawan menjadi rangkaian kegiatan Kepala BNPB di Riau pada hari pertama, berikutnya ke Danau Raja Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Rengat melihat korban banjir yang mengungsi.

"Di Rengat, Kepala BNPB juga akan menyerahkan bantuan secara simbolis," kata Edy Afrizal.

Selanjutnya, katanya lagi rombongan akan meninjau korban banjir di Kabupaten Kampar, yakni di Buluh Cina, Siak Hulu. Di sana Kepala BNPB juga akan menyerahkan bantuan untuk korban banjir secara simbolis. Lalu dilanjutkan, meninjau  korban banjir di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

Baca juga: BPBD catat 3.398 warga Riau masih mengungsi 
Baca juga: Jalan lintas Riau-Sumut banjir, polisi pasang rambu dari botol bekas

Pada Jumat (19/1) Kepala BNPB akan menggelar rapat koordinasi penanganan banjir bersama kabupaten kota, sekaligus arahan penanganan kebakaran hutan dan lahan.

"Nanti saat rapat koordinasi Kepala BNPB Letjen Suharyanto juga akan menyerahkan bantuan anggaran BNPB sebesar Rp250 juta kepada 10 kabupaten kota, kecuali Kabupaten Siak dan Kota Dumai yang tidak dapat karena belum menetapkan status siaga darurat banjir. Selain bantuan uang, juga bantuan perlengkapan dan peralatan untuk penanganan banjir," katanya.

Mendampingi Gubernur Riau Edy Natar Nasution yakni Danrem 031/WB, Brigjen TNI Dany Rakca, Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, Wakapolda Riau, Brigjen Pol K. Rahmadi, Ketua MKA Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Datuk Seri Marjohan, Anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad. 

Baca juga: Gubernur Riau serahkan 10 ton beras untuk korban banjir Pelalawan 
Baca juga: Riau minta bantuan makanan balita terdampak banjir ke Kemenkes
Baca juga: BNPB: Puluhan ribu jiwa terdampak banjir dan cuaca ekstrem

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024