Jakarta (ANTARA) - Juara US Open Coco Gauff melenggang ke babak keempat Australian Open setelah mengalahkan sesama petenis Amerika Alycia Parks dengan mudah 6-0, 6-2.

Petenis peringkat empat dunia itu belum kehilangan satu set pun pada Grand Slam pembuka musim dan tampaknya mampu melaju lebih jauh di Melbourne, tempat ia belum pernah melampaui putaran keempat.

"Saya sangat senang dengan cara saya bermain hari ini," kata Gauff yang menyoroti pengembalian servis dan serangannya, seperti disiarkan AFP, Jumat.

"Skor menunjukkan hal yang berbeda namun dia adalah petenis yang sulit dan pukulannya kuat."

Petenis berusia 19 tahun itu mendominasi lawannya yang berperingkat 82 dunia sejak awal. Ia mematahkan peluang lawannya dan mengulangi hal tersebut dua kali pada set pertama yang hanya berlangsung selama 31 menit.

Parks tampil lebih baik pada awal set kedua di Margaret Court Arena tetapi Gauff mematahkan servisnya pada gim kelima dan tidak melepaskan dominasinya yang kuat.

Gauff akan menghadapi petenis Polandia Magdalena Frech atau petenis kualifikasi Rusia Anastasia Zakharova di babak keempat.

Baca juga: Sabalenka melangkah dengan sempurna ke babak keempat Australian Open

Sementara itu, petenis remaja yang mendapat sorotan Mirra Andreeva mempertahankan impiannya untuk tampil di Australian Open dengan kemenangan mengejutkan, Jumat, untuk melaju ke babak keempat dan menyamai penampilan terbaiknya di Grand Slam.

Petenis berusia 16 tahun itu seakan menggarisbawahi potensi besarnya setelah mengalahkan unggulan keenam Ons Jabeur dalam waktu kurang dari satu jam di babak kedua, Rabu (17/1).

Ia memamerkan semangat juang yang kuat pada babak ketiga untuk mengalahkan petenis Prancis Diane Parry 1-6, 6-1, 7-6(10/5).

Andreeva, peringkat 47 dunia, mencatatkan prestasinya di Grand Slam French Open tahun lalu dengan melaju ke babak ketiga setelah lolos dari babak kualifikasi.

Di Wimbledon ia membuat gebrakan, mencapai babak keempat, juga sebagai petenis kualifikasi.

Namun, ia kalah di babak kedua US Open dari Gauff yang akhirnya menjadi juara.

Baca juga: Rybakina tumbang pada tiebreak terpanjang dalam sejarah Grand Slam
Baca juga: Swiatek putar lagu Rolling Stones untuk jaga fokus jelang pertandingan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024