Jakarta (ANTARA) - Kota Lodz, Polandia kembali ditunjuk menjadi tuan rumah babak final turnamen Mens Volleyball Nations League FIVB untuk musim 2024.

Stadion Atlas Arena, Lodz, Polandia akan menjadi saksi sejarah perebutan juara dunia pada pertandingan final yang dijadwalkan akan berlangsung pada 27-30 Juni mendatang.

"Final Volleyball Nations League (VNL) akan kembali berlangsung di Polandia pada tahun 2024 karena kota Łódź telah dipilih untuk menjadi tuan rumah fase yang menentukan dari edisi keenam turnamen dari 27-30 Juni," tulis laman resmi VNL, Sabtu.

Sebelumnya pada musim 2023, kota Gdansk, Polandia menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan final VNL. Di pertandingan final tersebut, Polandia yang bertindak sebagai tuan rumah merengkuh gelar juara dunia perdana sepanjang keikutsertaan mereka di VNL.

Kembali ditunjuknya Polandia sebagai tuan rumah final membuka kesempatan tuan rumah untuk mempertahankan gelar juara di depan pendukung mereka, terlebih Stadion Atlas Arena juga mempunyai catatan sejarah panjang untuk kiprah voli Polandia.

Stadion Atlas Arena yang berkapasitas 13.000 penonton tersebut kerap dijadikan tempat tuan rumah turnamen internasional diantaranya FIVB Volleyball Men’s World Championship (2014), FIVB Volleyball Women’s World Championship (2022) dan babak kualifikasi bola voli putri untuk Olimpiade 2024 Paris.

"16 tim nasional putra yang akan bersaing di VNL 2024 adalah Argentina, Brasil, Bulgaria, Kanada, Kuba, Prancis, Jerman, Iran, Italia, Jepang, Belanda, Polandia, Serbia, Slovenia, Türkiye, dan Amerika Serikat," tulis VNL.

VNL akan tetap menggunakan format edisi musim 2022, 16 tim peserta nantinya akan dibagi ke dalam dua grup yang masing-masing berisikan delapan tim. Empat tim teratas di masing-masing grup akan melaju ke babak final yang menerapkan format sistem gugur yang dibagi ke dalam babak perempat final, semi final dan final.

Dalam format grup VNL akan dilangsungkan di enam negara yaitu Brazil (Rio de Jeneiro), Turki (Antalya), Kanada (Ottawa), Jepang (belum ditentukan venue), Filipina (Manila) dan Slovenia (Ljublajana).

 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024