Jakarta (ANTARA News) - Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah DKI Jakarta, Yonathan Pasodung mengatakan pembangunan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, akan segera dibangun.

Dia mengatakan saat ini rencana pembangunan rusun tersebut masih dalam tahap menunggu hasil lelang. "Tapi September sudah bisa groundbreaking," kata Yonathan di Balaikota, Jakarta, Selasa.

Rencananya, rusun Jatinegara Kaum tersebut akan dibangun dua blok dari lima blok yang ada. Pembangunan dua blok tersebut direncanakan akan selesai pada bulan Juli 2014.

"Tiga blok lainnya akan mulai dibangun tahun depan selesai pada tahun 2015," katanya.

Dua rusun tersebut akan dipergunakan untuk warga relokasi dari penataan Kali Ciliwung. "Untuk relokasi warga dari sana," katanya.

Pembangunan dua rusun tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp20-21 miliar per rusun. Namun angka tersebut, lanjut Yonathan, masih disesuaikan dengan angka lelang.

"Kontrak belum ada karena masih dalam tahap penawaran. Tapi ya sekitar Rp 20-21 miliar targetnya," katanya.

Sedangkan untuk fasilitas tambahan lainnya seperti alat rumah tangga, bangku, dan meja, menurut Yonathan belum ada informasi lebih lanjut karena alat-alat tersebut bersifat pilihan.

"Itu opsional artinya Rusun pemprov itu kan sebenarnya huniannya yang ada, tapi dalam perjalananya ada tv itu opsional," katanya.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013