Samarinda (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Plt Kadispar Kaltim) Ririn Sari Dewi menyatakan Pemilihan Putri Indonesia merupakan ajang yang tidak hanya menyajikan kecantikan, namun yang utama adalah ajang unjuk kecerdasan dan integritas bagi peserta.

"Pemilihan Putri Indonesia (PPI) ini merupakan momentum untuk menyaksikan kecantikan, kecerdasan, dan integritas para perempuan muda yang menjadi wajah dari Kaltim," kata Ririn Sari Dewi di Samarinda, Ahad.

Ia menyebut bahwa semua finalis PPI merupakan perwakilan terbaik dari kabupaten/kota masing-masing, bahkan mereka turut andil dalam mengembangkan berbagai peluang yang dimiliki oleh Provinsi Kaltim.

Baca juga: Andi Natasya dinobatkan sebagai Putri Indonesia Kaltim 2023

Menurutnya, para finalis PPI Kaltim merupakan para perempuan yang mampu menginspirasi seluruh pihak untuk dapat bersama memajukan daerah, sehingga tiap kabupaten/kota harus bangga karena selama ini mereka telah berbuat yang terbaik untuk daerah.

Ia menceritakan,untuk grand final PPI Kaltim digelar pada Sabtu (20/1) dan Kori Aprilia terpilih menjadi representatif Putri Indonesia Provinsi Kaltim.

Dara 25 tahun itu merupakan perwakilan dari kabupaten Kutai Barat, yang unggul dari sembilan peserta lainnya dalam ajang PPI Kaltim.

Sebagai runner up adalah Triana Megawati Tening (25), perwakilan dari Kabupaten Mahakam Ulu, kemudian runner up kedua adalah Sistine Tumanan (21), perwakilan dari Kota Samarinda.

Saat grand final  PPI Kaltim 2024, 10 finalis melakukan peragaan busana dengan berbagai gaun, termasuk mendapat beragam pertanyaan dari dewan juri dalam seleksi tersebut.

Saat fesyen, keanggunan para finalis yang membawakan gaun dari desainer-desainer lokal Kaltim ini mendapat sorakan semangat dari para pendukungnya.

Baca juga: Kaltim raih juara umum putra putri budaya Indonesia

Baca juga: Lifter putri Kaltim raih emas kejuaraan dunia


Beragam bentuk, motif, dan warna gaun yang dibawakan para finalis ini mendapat banyak apresiasi pengunjung, menunjukkan betapa Kaltim memiliki  kekayaan, keindahan wastra, dan talenta luar biasa dari kreator lokal.

Sementara itu, Dirut Deskape Management, Dewa Srikaton Putra mengatakan setelah PPI Kaltim ini, juara pertama akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu Pemilihan Putri Indonesia 2024 di Jakarta.

Sementara itu, Kori mengaku bahagia dan haru atas diraihnya gelar juara pada ajang ini. "Saya siap mewakili Bumi Etam di kancah nasional dan memberikan yang terbaik untuk Kaltim," ucapmnya.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024