Jakarta (ANTARA/JACX)- Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka dalam debat keempat menyebut terdapat peluang lima juta green jobs.

Gibran menyebut terdapat 19 juta lapangan pekerjaan terbuka untuk anak muda dan perempuan, dan lima juta diantaranya “green jobs” yang berkaitan dengan peluang kerja pada bidang kelestarian lingkungan.

Green jobs adalah peluang kerja masa kini dan masa depan,” kata Gibran dalam debat cawapres keempat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Ahad.

Benarkah apa yang disampaikan Gibran tersebut?

Penjelasan

Perwakilan dari Koalisi Sistem Pangan Lestari, Romauli Panggabean, mengatakan terdapat perbedaan data untuk green jobs yang tersedia. 

Apabila menggunakan asumsi dari report LCDI yang diterbitkan oleh Bappenas, maka sampai 2030 akan ada kurang lebih 1,8 juta green jobs yang tersedia apabila pemerintah menerapkan target net zero sampai 2030.

KPU telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut satu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut tiga.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, dan debat ketiga 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres.

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama 18 media di Indonesia.

Baca juga: "Green job" disebut jadi primadona untuk lima tahun ke depan

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024